Tingkatkan Pengawasan Orang Asing di Babar, Kantor Imigrasi Pangkalpinang Gelar Rakor Penguatan Tim PORA

Tingkatkan Pengawasan Orang Asing di Babar, Kantor Imigrasi Pangkalpinang Gelar Rakor Penguatan Tim PORA

--

BACA JUGA: Polda Babel Kuak 3 Kasus Judi

Sementara Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pangkalpinang, Wahyu Wibisono menambahkan, salah satu alasan digelarnya Rakor Tim Pora ini karena terdapat adanya potensi kerawanan di Kabupaten Bangka Barat mengingat wilayah tersebut merupakan perlintasan orang melalui Pelabuhan di Palembang dan Muntok serta pelabuhan tikus lainnya.

BACA JUGA: Sempat Diduga Lakukan Penipuan Terhadap Agen BRIlink, F Buat Video Klarifikasi

Karena itu, lanjut Wahyu, sinergitas harus ditingkatkan dalam melakukan pengawasan orang yang melintas untuk mengantisipasi dan meminimalisir tujuan negatif atau hal-hal yang dapat berakibat negatif bagi Pulau Bangka. 

Imigrasi Pangkalpinang sendiri, katanya, saat ini memiliki sarana nomor telepon Khusus pelaporan WNA dan nomor Kolang Kaling (Komunikasi Langsung dengan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pangkalpinang via whatsapp). 

"Harapan kita dengan adanya rakor ini dapat menjadi wadah bertukar informasi berdasarkan tugas dan fungsi instansi masing-masing serta membangun komitmen dan sikap kekeluargaan menjalankan tugas ini bersama," tukas Wahyu sembari menyebut solusi terhadap pengawasan orang asing yaitu dengan membentuk Tim Pora tingkat pusat, provinsi kabupaten/kota, kecamatan, kemudian peningkatan peran serta anggota Tim Pora dan peningkatan koordinasi.

Acara dilanjutkan dengan kegiatan penyampaian Materi Paparan oleh Kepala Seksi Inteldakim Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pangkalpinang, Muhammad Bakri mengenai Peta konsentrasi TKA di Kabupaten Bangka Barat yang meliputi Izin Tinggal Tetap, Izin Tinggal Terbatas, Itas Perairan dan berbagai isu aktual mengenai keimigrasian.(pas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: