Destinasi Wisata Gusung Berang-Berang Jadi Spot Pengibaran Bendera Merah Putih Oleh Lanal Babel

Destinasi Wisata Gusung Berang-Berang Jadi Spot Pengibaran Bendera Merah Putih Oleh Lanal Babel

Pengibaran bendera merah putih dalam air di Gusung Berang Berang.--

BABELPOS.ID, MUNTOK - Dalam rangka HUT ke-77 RI tahun 2022, destinasi wisata Gusung Berang-Berang atau biasa disebut perairan Karang Berang Berang, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat menjadi lokasi Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bangka Belitung untuk melakukan pengibaran bendera merah putih di dasar laut, Rabu (17/8/22).

Kegiatan ini diawali dengan mengikuti rangkaian upacara via zoom meeting bersama Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, dilanjutkan penyerahan bendera merah putih oleh Wakil Bupati Bangka Barat dan pelaksanaan penaikan bendera merah putih  di dasar laut karang berang-berang Muntok. 

BACA JUGA:Serangkaian HUT RI ke-77, Seperti Karnaval Dan Gerak Jalan Akan Digelar Pemkab Babar

Adapun Peserta pengibaran bendera merah putih di dasar laut Muntok antara lain Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming, Danposal Muntok Kapten Laut (E) Yogo Darma, Personil Lanal Babel, Personil Direktorat Polairud Bangka Belitung, Personil Polres Bangka Barat, Personil Basarnas Kabupaten Babar, Personil BPBD Kabupaten Babar,Fourty Nine Diving Club dan Icon Plus.

Danlanal Babel Letkol Laut (P) Dadan Hamdani, mengatakan pengibaran bendera merah putih di dasar laut secara serentak dilakukan bersama jajaran TNI AL di 77 wilayah di Indonesia.

"Tujuannya menumbuhkan atau meningkatkan kembali jiwa maritim Indonesia, bahwa kita ini adalah negara kepulauan terbesar yang pernah jaya di waktu dulu," ungkap Danlanal Babel.

BACA JUGA:61 Warga Binaan Rutan Kelas II B Muntok Dapat Remisi, Satu Dinyatakan Bebas

Dikatakan, Letkol Laut (P) Dadan, Pengibaran bendera sang merah putih di perairan Karang Berang-berang sendiri merupakan salah satu titik dari 77 titik pengibaran bendera di seluruh Indonesia iyang dilakukan oleh TNI AL. 

"Ini ide dari pimpinan tertinggi kami Bapak Kepala Staf Angkatan Laut. Sehingga dipilihlah 77 titik di seluruh nusantara dan salah satunya di Kepulauan Babel, di Muntok," ucapnya.

BACA JUGA:Palinsha Viginta, Putri Tunggal Sang Pembawa Baki Bendera Merah Putih

Sementara itu, Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming, menyebutkan  kemerdekaan Indonesia tidak hanya dirayakan di wilayah daratan, namun di wilayah laut juga harus dirayakan. 

"Artinya ini kita ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia itu tidak hanya daratan saja, tapi laut juga merupakan bagian dari negeri kita. Jadi, tidak hanya di daratan saja tapi di wilayah laut pun kami kibarkan bendera merah putih," tutur Bong Ming Ming. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: