Meriahkan Kemerdekaan RI ke-77, HKBP Resort Pangkalpinang Gelar Upacara Bendera dan Lomba

Meriahkan Kemerdekaan RI ke-77, HKBP Resort Pangkalpinang Gelar Upacara Bendera dan Lomba

Peserta Upacara HUT RI ke 77 di HKBP Resort Pangkalpinang.--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG- Perayaan Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia (RI) dirayakan meriah oleh seluruh elemen bangsa. Begitu juga Gereja HKBP Resort Pangkalpinang misalnya, tidak mau ketinggalan dalam merayakan momen meriah sekaligus penuh rasa syukur ini, karena sudah beberapa tahun tidak dilakukan akibat pandemi Covid-19. 

Bentuk ekspresi dalam merayakan HUT RI tersebut cukup beragam, Panitia Pelaksana memilih melaksanakan upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi yang dipimpin Pdt A S Lumbantobing selaku inspektur upacara yang diselenggarakan di Gedung Sekolah Minggu HKBP Pasir Garam Pangkalpinang, Rabu (17/8/2022). 

BACA JUGA:Peringati HUT RI ke-77, Ketua Karang Taruna Imbau Masyarakat Pasang Bendera Merah Putih

Momen tujuh belasan ini menjadi wujud kebersaman antar jemaat dan mensyukuri nikmat kemerdekaan yang telah diraih, yang diperjuangkan oleh para pejuang terdahulu dalam memerdekakan Bangsa dan Negara Indonesia dari penjajah.

Seluruh jemaat mengenakan pakaian bernuansa merah putih serta menggunakan ulos yang menjadi ciri khas dalam kegiatan tersebut.

Dalam rangkaian upacara yang digelar tersebut, seluruh jemaat menyanyikan lagu kebangsaan ”Indonesia Raya” dan memberikan penghormatan kepada bendera Merah Putih dilanjutkan dengan pembacaan Pancasila, UUD 1945, dan Proklamasi Kemerdekaan RI.

BACA JUGA:Semarakkan Hari Kemerdekaan RI ke-77, IBB Gelar Silaturahmi

Dalam pesannya, Pimpinan Gereja HKBP Resort Pangkalpinang, Pdt A S Lumbantobing, mengatakan, Kemerdekaan RI yang diproklamasikan, Jumat, 17 Agustus 1945, dan kini diperingati kembali patut disyukuri. 

"Negara ini dibangun, negara ini bertindak, negara ini dibentuk untuk kemaslahatan bangsa," jelas Pdt Lumbantobing. 

BACA JUGA:Upacara HUT ke-77 RI di Lapas Kelas IIA Pangkalpinang, 15 Warga Binaan Jadi Pengibar Bendera

Selain itu, Pdt Lumbantobing mengungkapkan kemerdekaan itu adalah hak seluruh bangsa dan karunia yang telah diberikan Tuhan kepada kita. 

Ditambahkannya, jemaat HKBP Pangkalpinang harus mengambil bagian dalam pembangunan bangsa dan negara ini. 

"Jemaat HKBP Pangkalpinang harus mengambil bagian sebagai warga negara yang berkewajiban dalam pembangunan bangsa dan negara Indonesia," tegas Pdt Lumbantobing.

BACA JUGA:Bupati Mulkan Bangga Pakaian Adat Babel Dikenakan Presiden Jokowi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: