Bupati Algafry Resmikan 2 Embung Pertanian Senilai Rp240 Juta

Bupati Algafry Resmikan 2 Embung Pertanian Senilai Rp240 Juta

--

BABELPOS.ID, NAMANG - Embung pertanian dengan ukuran 20 meter x 16 meter x 2 meter yang mampu menampung air hingga 640 m³ yang menelan biaya sebanyak Rp120 juta per embung, nampak sudah dapat dimanfaatkan oleh Kelompok Tani Subur Lestari, Desa Cambai Selatan, Kecamatan Namang untuk menampung air, khususnya di musim kemarau.

Peresmian embung pertanian di lahan Kelompok Tani Subur Lestari juga dibarengi dengan penyerahan pupuk demplot dari PT. Petrokimua Gresik Tahun 2022 untuk 22 Kelompok Tani di Bangka Tengah.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengatakan pembangunan pertanian merupakan perwujudan komitmen pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam mendukung sektor pertanian di Bangka Tengah, salah satunya dengan menyediakan sarana dan prasarana pertanian guna mendukung petani melaksanakan usaha taninya.

"Embung pertanian yang kita resmikan hari ini merupakan bagian dari kegiatan pengelolaan air irigasi untuk pertanian yang dibangun bersumber dari dana Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian Tahun Anggaran 2022," ujar Algafry kepada Babel Pos.

Kata Algafry untuk tahun 2022 ini, Bangka Tengah mendapatkan alokasi sebanyak 2 unit Embung, yang salah satunya dibangun di Kelompok Tani Karya Gemilang, Desa Lubuk Pabrik, Kecamatan Lubuk Besar.

"Kegiatan ini dilaksanakan secara swakelola oleh kelompok tani, sehingga diharapkan multiplier effect dari kegiatan tersebut dapat dirasakan oleh kelompok tani maupun masyarakat di sekitarnya," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga berterimakasih atas bantuan pupuk berupa demonstrasi plot atau demplot untuk tanaman pangan dan hortikultura dari PT. Petrokimia Gresik.

"Semoga dengan bantuan pupuk ini bisa meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman petani Bangka Tengah dan program-program serupa dapat ditingkatkan jumlah dan luasnya pada tahun-tahun mendatang," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Bangka Tengah, Sajidin mengatakan bahwa selain melakukan peresmian embung pertanian, pihaknya juga turut bekerja sama dengan Dinas Perikanan dengan menebar benih ikan nila di embung pertanian.

"Ini merupakan bantuan dari Dinas Perikanan, sebagai salah satu inovasi yang menggabungkan antara sektor pertanian dan sektor perikanan, dengan harapan dapat menambah pundi-pundi pendapatan petani," terangnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan tahun 2022 ini pihaknya mendapatkan bantuan embung pertanian sebanyak 2 buah, yaitu di lahan Kelompok Tani Subur Lestari, Cambai Selatan dan Kelompok Tani Karya Gemilang, Lubuk Pabrik.

"Dana pembangunan embung ini berasal dari APBN dengan biaya satu embung senilai Rp120 juta dan semoga dari pembangunan embung ini dapat membantu petani Bangka Tengah dan juga bermanfaat bagi petani dan juga masyarakat," imbuhnya. (sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: