Sapi PMK di Bateng Sisa 60 Ekor, Dinas Pertanian Pastikan Stok Kurban Aman

Sapi PMK di Bateng Sisa 60 Ekor, Dinas Pertanian Pastikan Stok Kurban Aman

 

BABELPOS.ID, KOBA - Menjelang hari Raya Iduladha yang identik dengan pemotongan kurban ditambah dengan wabah Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) yang masih mengintai, Dinas Pertanian Bangka Tengah (Bateng) memastikan ketersediaan kurban di wilayahnya aman, bahkan hanya tersisa 60 ekor sapi yang terinfeksi PMK.

 

"Kasus PMK di Bangka Tengah kurang lebih ada 800 ekor sapi dan hampir 740 ekor sapi sembuh, sehingga masih tersisa sekitar 60 ekor sapi yang kita ditangani, dengan macam-macam penerapan, seperti pemberian vitamin dengan tingkat kesembuhan mencapai 80 persen," ujar Kepala Dinas Pertanian Bateng, Sajidin kepada Babel Pos, Rabu (6/7/2022).

 

"Sedangkan untuk ketersedian kurban di Bangka Tengah, insyaallah aman, yang mana hewan kurban tersebut sudah diperiksa terlebih dahulu, baik dari pendistribusian dari luar daerah ke Bangka Tengah sampai hewan ternak berada di kandang peternak," jelasnya.

 

Bahkan, kata Sajidin sudah ada kecamatan yang pihaknya periksa, di mana para dokter hewan yang ada di Dinas Pertanian turun langsung melakukan pemeriksaan.

 

"Kita juga sudah melakukan vaksin, yang mana sebenarnya target kita banyak, namun biaya kurang dan hanya diberi jatah 200 dosis vaksin, jadi selama 2 hari kita sudah selesaikan 200 dosis tersebut," tuturnya.

 

Ia menuturkan, pihaknya akan menugaskan 1 sampai 2 orang petugas dokter hewan selama pelaksanaan kurban mendatang di tiap masjid.

 

"Bakal kita kawal seperti biasa, yang mana kami tugaskan sekitar satu sampai dua orang petugas Dokter Hewan di setiap masjid," imbuhnya. (sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: