Ribuan Ikan Nila Disiapkan untuk Berantas Jentik Nyamuk di Babar

Ribuan Ikan Nila Disiapkan untuk Berantas Jentik Nyamuk di Babar

Ikan Nila--

BABELPOS.ID, MENTOK - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat menyiapkan sebanyak 5.000 ikan nila untuk membantu memberantas jentik nyamuk Aedes aegypti sebagai upaya pemberantasan demam berdarah dengue (DBD).

BACA JUGA:Keterampilan Esensial Seorang Akuntan agar Sukses di Era Digital

"Nyamuk tersebut berkembang biak di dalam genangan air, kami mendorong agar warga memelihara ikan nila yang bisa efektif membantu memberantas jentik nyamuk perantara penularan penyakit demam berdarah dan jenis penyakit lainnya," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat Sapi'i Rangkuti, Senin (26/8).

Menurut dia, distribusi ikan nila dilakukan melalui pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang ada di seluruh kecamatan untuk langsung diserahkan kepada warga yang membutuhkan.

BACA JUGA:Gawat! Messi Absen di 2 Laga Kualifikasi Piala Dunia 2026

"Kami juga melakukan  survei ke lapangan untuk memastikan ikan yang didistribusikan Puskesmas sampai ke masyarakat dan dipelihara sesuai peruntukannya," katanya.

Menurut dia, proses distribusi sebanyak 5.000 ekor ikan nila ini dilakukan secara bertahap dengan bekerja sama Dinas Perikanan kabupaten setempat.

"Sisanya nanti akan dibagi per puskesmas atau juga bisa distribusi langsung ke warga," katanya.

BACA JUGA:Realme Note 60, Baterai Besar, Harga Sejutaan

Selain itu, ia meminta masyarakat agar lebih memperhatikan kondisi lingkungan seperti menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta melakukan program menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air dan mendaur ulang berbagai barang yang berpotensi menjadi tempat kembang biak nyamuk

BACA JUGA:Dugaan Tipikor Dana BOS Masih Kabur, Kejari Basel Hanya Sampaikan Ini

Nyamuk Aedes aegypti adalah serangga yang dapat menularkan penyakit seperti demam berdarah dengue (DBD), demam kuning, chikungunya, dan Zika, nyamuk ini berkembang di tempat-tempat penampungan air, seperti bak mandi, kaleng bekas, talang air, dan tempat minum hewan peliharaan, nyamuk jenis ini juga menyukai tempat lembab dan basah.,

BACA JUGA:Tiket Pertandingan BRI Liga 1 Kini Bisa Dibeli Melalui Super Apps BRImo

Di Kabupaten Bangka Barat, kasus DBD sejak Januari hingga Agustus 2024, tercatat sebanyak 162 kasus yang tersebar di seluruh wilayah kerja delapan puskesmas yang ada di daerah itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: