RJPPD Babel, Tranformasi dari Tambang ke Agromaritim

RJPPD Babel, Tranformasi dari Tambang ke Agromaritim

Ketua Pansus RPJPD Babel Dody Kusdian.--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Bangka Belitung (Babel) 2025-2045 yang intens dibahas Pansus DPRD Babel kini memasuki tahapan akhir, bahkan direncanakan paripurna pada Agustus mendatang.

BACA JUGA:Kemenkumham Babel Sabet 2 Penghargaan dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan

BACA JUGA:Serahkan Bantuan Sarana Perikanan, PJ Bupati Haris Komitmen Sejahtera Nelayan

Optimalisasi rancangan RPJPD Babel 2025-2045  dinamai Babel Bertuah ini telah melewati pembahasan intens dengan dinas terkait di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel hingga konsultasi dengan kementerian terkait.

Ketua Pansus RPJPD Babel Dody Kusdian menjelaskan, berbagai isu strategis dituangkan dalam rancangan ini sebagai garis besar upaya melaksanakan pembangunan di Negeri Serumpun Sebalai. 

BACA JUGA:Kasus HIV di Basel Meningkat, Dinkes Periksa Kesehatan Wanita Pekerja Malam, Ini Hasilnya

BACA JUGA:Tambah 2 Gedung Baru, RSUD Bangka Selatan Ganti Nama Ini

"Dari isu-isu strategis itu kita rumuskan poin-poin yang mendasar dari permasalahan di Babel ini. Kemudian dibikinlah empat tahapan, yakni pertama pondasi, lalu akselarasi, pematapan hingga tahap akhir pencapaian target daerah," paparnya, Rabu (24/7)

Ia tak menampik, jika subtansial dalam RPJPD ini akan menjadi pendoman bagi para calon gubernur Babel dalam menjabarkan visi-misinya dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024. "Karena visi-misi mereka nanti tidak akan lari dari ini," tuturnya.

BACA JUGA:Desa Kelawi, Desa Brilian Hijau yang Terus Berinovasi di Bidang Lingkungan

BACA JUGA:D'fortune Place Ramaikan Event Kemilau Pesona Basel, Sedia Minuman Para Gen Z, Harga Ramah Kantong

Secara makro di RPJPD Babel 2025-2045 ini, diulas politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, Pemprov Babel berkeinginan mengalihkan ketergantungan perekonomian dari sektor pertambangan timah ke agromaritim.

"Kita ingin ada tranformsi dari tambang ke agromaritim, jadi harapanya 20 tahun lagi tambang ini tidak lagi menjadi icon utama Babel," ungkapnya.

BACA JUGA:Melalui Semangat Sinergi Bagi Negeri, Honda Babel Ajak Generasi Muda Berkarya Majukan Bangsa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: