Kunjungi STAHN di Klaten, Ini Kesan Plt. Kakanwil Kemenag Babel

Kunjungi STAHN di Klaten, Ini Kesan Plt. Kakanwil Kemenag Babel

--

BABELPOS.ID- Perjalanan dinas Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, H. Firmantasi, S.Ag., M.H., menghadiri acara pembukaan Utsawa Dharmagita Tingkat Nasional XV di Kota Surakarta, Jawa Tengah pada Selasa (09/07/2024) menghadirkan sebuah pencerahan dan paradigma baru.

Betapa tidak, setelah melihat kultur budaya masyarakat setempat yang terkesan ramah dan sopan terhadap wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, membuat kita merasa nyaman dan tenang untuk melakukan aktivitas apapun, baik dalam rangka kunjungan kerja, studi maupun sekedar untuk berwisata.

BACA JUGA:588 Calon Mahasiswa Baru UBB Lolos Jalur SMMPTN Konsorsium BKS PTN-Barat

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di jajaran Kanwil Kemenag Babel itu pun berkesempatan mengunjungi Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Jawa Dwipa yang merupakan perguruan tinggi negeri Hindu pertama di pulau Jawa.

Berlokasi di pusat Kota Klaten yang mayoritas penduduknya beragama Islam dengan jumlah hampir 90%, sebanyak 1.232.304 jiwa (berdasarkan data yang dirilis BPS Kabupaten Klaten Tahun 2024), keberadaan STAHN sukses menambah khazanah kerukunan dalam keberagaman sekaligus menguatkan image Provinsi Jawa Tengah, khususnya Klaten, Surakarta dan sekitarnya sebagai daerah yang welcome terhadap kemajuan dan perkembangan namun tetap menjunjung tinggi nilai-nilai positif kearifan lokal.

BACA JUGA:Kalahkan Belanda 2-1, Final Impian Inggris Vs Spanyol

"Berdasarkan informasi yang kami terima dari Kepala Kantor Kementerian Agama Klaten, DR. Anif Solikhin, keberadaan STAHN di daerahnya tidak menimbulkan polemik di tengah masyarakat, tapi justru malah membangkitkan geliat sektor-sektor lainnya, seperti sosial dan ekonomi yang memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan daerah," ungkap H. Firmantasi.

Diakui Firmantasi, memang seharusnya demikianlah cerminan kepribadian dan karakter umat Islam yang rahmatan lil alamin, humanis dan tidak sinis, tidak menganggap diri kita lebih baik daripada orang lain, karena sebagai manusia tentunya kita tidak luput dari khilaf dan salah.

BACA JUGA:Prodi BISDIG UBB Bersama Pertamina Patra Niaga Gelar Pelatihan Transformasi Bisnis Berbasis Digital

Sebagaimana hadis yang diriwayatkan imam Bukhari dari abu hurairah, lanjutnya, Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya Allah tidak melihat fisik dan harta kalian, tetapi Ia melihat hati dan amal kalian".

"Dengan hati dan amal yang baik, serta senantiasa menjaga kerukunan dan keharmonisan, Insya Allah rahmat Allah akan senantiasa tercurah, sehingga diharapkan mampu membawa kedamaian dan kebahagiaan bagi kehidupan kita bersama," pesannya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: