Menghadapi Triple Planetary Crisis, Pemkab Bateng Menanam Pohon Bersama

Menghadapi Triple Planetary Crisis, Pemkab Bateng Menanam Pohon Bersama

--

BABELPOS.ID, KOBA - Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan upaya menghadapi Triple Planetary Crisis, Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Tengah melakukan penanaman pohon bersama di Pantai Sumur Tujuh, Kelurahan Padang Mulia, Kecamatan Koba, Jum'at (28/06/24).

Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman dalam kegiatan tersebut mengatakan saat ini dunia tengah menghadapi Triple Planetary Crisis yang semakin intens, yakni krisis perubahan iklim, krisis kerusakan alam dan kehilangan biodiversitas.

BACA JUGA:Sepulang Haji, Pj Gubernur Kumpulkan Para Kabinet, Ini yang Dibahas

"Saat ini kita menghadapi krisis iklim, kerusakan alam, keanekaragaman hayati dan krisis polusi serta limbah, inilah yang menjadi pemicu bagi bagi untuk berupaya membuat perubahan," ujarnya usai menanam pohon.

Ia menerangkan pemulihan lingkungan merupakan kunci dalam membalikkan arus degradasi lahan, sekaligus meningkatkan mata pencaharian dan mengurangi kemiskinan, serta membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrem. 

"Pemulihan juga dapat meningkatkan penyimpanan karbon, dan memperlambat proses ataupun dampak akibat perubahan iklim," jelasnya 

BACA JUGA:Dinsos Bangka Pulangkan Pengamen yang Bawa Anak di Bawah Umur

Ia menyebutkan untuk mengurangi dampak dari krisis cuaca dan lingkungan ini, Pemkab Bateng menyediakan kurang lebih 200 bibit pohon untuk peremajaan.

"Kondisi Indonesia, termasuk Bangka Tengah, yang sedang mengalami krisis iklim dengan cuaca yang cukup ekstrem ini, menjadi alasan bagi kita untuk terus ingat bagaimana lingkungan kita butuh peremajaan, semoga ini membawa manfaat bagi kita semua," jelasnya.

BACA JUGA:Simpan Sabu Siap Edar, 3 Pemuda Ini Diringkus

Sementara itu, Kepala DLH Bangka Tengah Ari Yanuar Prihatin, menambahkan, agenda penanaman pohon ini akan terus dilaksanakan oleh Pemkab Bangka Tengah.

"Pohon yang kita tanam bersama di lahan obyek wisata Pantai Sumur Tujuh ini ada sekitar 200 bibit pohon buah-buahan. Nantinya juga akan kita rencanakan kembali penanaman di lahan sekitaran komplek Pemkab Bangka Tengah dengan bibit yang lebih bervariasi," pungkasnya(ynd)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: