Sepulang Haji, Pj Gubernur Kumpulkan Para Kabinet, Ini yang Dibahas

Sepulang Haji, Pj Gubernur Kumpulkan Para Kabinet, Ini yang Dibahas

Safrizal Zakaria Ali, PJ Gubernur Provinsi Kep.Bangka Belitung.--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Penjabat Gubernur Bangka Belitung (Babel), H Safrizal ZA langsung ngantor sepulang menunaikan ibadah Haji di Tanah Suci Mekah

Hari pertama kerja, Jumat (27/6), Pj Gubernur mengumpulkan para kabinetnya, yakni para pimpinan perangkat kerja di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel.

Didampingi Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Babel Fery Afrianto, agenda rapat pimpinan ini membahas tentang kemampuan keuangan daerah, terkhusus pendapatan anggaran berjalan.

BACA JUGA:Dukung Pemberantasan Perjudian, BRI Blokir Ribuan Rekening Terindikasi Penampungan Judi Online

Kepada wartawan, Pj Gubernur mengakui bahwa realisasi pendapatan yang diterima Pemprov Babel saat ini kurang menggembirakan. Dari target ditetapkan, pendapatan daerah di semester I baru mencapai 39 persen. Dan masih ada defisitnya.

Oleh sebabnya, kata Safrizal, opsi tagging masih diberlakukan dan berlanjut ke jilid II. Upaya irit seiritnya ini bertujuan untuk menutup defisit hingga tak terlalu tinggi. 

BACA JUGA:Komitmen Jaga Kesehatan Pegawai,Lapas Narkotika Pangkalpinang Gelar Olahraga Bersama dan Pemeriksaan Kesehatan

"Dari sisi pendapatan diprediksi akan terjadi kekurangan sebesar Rp195 miliar. Makanya akan ada tagging (anggaran) lagi, jilid dua. Kemarin yang kita tagging Rp285 miliar," jelasnya.

Dibeberkan Safrizal, rendahnya pendapatan tersebut tak lepas dari kondisi Babel saat ini. Tak tercapai target PAD  dikarenakan menurunnya sektor produksi sehingga berpengaruh terhadap mobilitas. Seperti kewajiban membayar pajak kendaraan, BBM, pajak permukaan air dan lain-lainnya.

BACA JUGA:PLN Salurkan Bantuan TJSL 10.000 Pohon untuk Membangun Ekosistem yang Berkelanjutan

"Nanti kami mau penegakkan untuk PKB (pajak kendaraan bermotor) karena jalan juga harus dirawat. Kemudian penurunan jumlah kendaraan baru hanya 23 persen dibandingkan year on year 35 persen. Penurunan kendaraan baru berati pajak kendaraan baru tidak terpungut," ujarnya.

Ia menambahkan, dengan berkurangnya potensi pendapatan ini Pemprov Babel berimbas pada beberapa belanja daerah yang tidak terlalu prioritas. "Kencang ikat pinggang lagi," sebutnya.

BACA JUGA:Buzzer dan Influencer, Antara Sensasi dan Fungsi dalam Dunia Digital

"Tapi kami tidak untuk gaji dan tunggangan, akan tetapi kita minta kepala dinas untuk melaporkan pengurangan biaya operasional, biaya perawatan kantor ditunda kalau bisa ditunda, penyelenggaraan bimtek-bimtek dengan cara lebih hemat, kemudian belanja perjalanan kita hemat. Kemudian ada proyek kita tunda, kalau sudah terlanjur lelang dan belum kontrak kita reschdule, atau mampu bisa dihitung bisa dibayar tahu ini atau tahun depan," pungkasnya.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: