Penetapan 1 Dzulhijjah dan 10 Dzulhijjah Tidak Ada Perbedaan

Penetapan 1 Dzulhijjah dan 10 Dzulhijjah Tidak Ada Perbedaan

--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Pemantauan rukyatul hilal dalam rangka penentuan awal 1 Dzulhijjah 1445H/2024M di Tanjung Raya Desa Penagan Kecamatan Mendobarat Kabupaten Bangka, Jumat,(07/06/2024) sore berlansung khidmat dan lancar. 

Acara ini dihadiri sejumlah pejabat teras di lingkungan Pemprov Babel, MUI Babel, unsur forkopimda se-Babel.

BACA JUGA:Sudarman Mewakili PJ Gubernurr Babel Membuka Penentuan rukyatul hilal dan Penentuan Idul Adha 1445 H

Plt.Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bangka Belitung,H.Firmantasi mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan acara ini. Kegiatan rukyatul hilal yang memang selalu rutin  dilaksanakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia ini memang selalu menjadi sorotan dan ditunggu-tunggu oleh masyarakat muslim.Karena rukyatul hilal merupakan agenda penentuan hari besar Islam.

BACA JUGA:Pengelola Homestay di Pangkalpinang Kunjungi Desa Wisata Perlang

Dalam kesempatan pemantauan rukyatul hilal kali ini memang sudah memenuhi syarat, karena umur bulan sudah mencapai 20 derajat,  tinggi hilal hakiki lebih dari 10 derajat, tinggi hilal mar'i 12 derajat dan posisi hilal 6 derajat. Makanya insha Allah tidak ada perbedaan untuk penetapan hilal 1 dzulhijah di Indonesia jatuh pada Sabtu, 08 Juni 2024 maupun untuk pelaksanaan hari raya idul adha 10 Dzulhijah 1445H/2024M akan jatuh pada 17 Juni 2024, 

"Namun karena kondisi hilalnya yang memang tertutup awan, jadi tidak terlihat saat kita melakukan pemantauan di Tanjung Raya Penagan ini,"ujar Firmantasi.

BACA JUGA:Pengelola Homestay di Pangkalpinang Kunjungi Desa Wisata Perlang

Kadis Diskominfo Bangka Belitung, Sudirman juga mengapresiasi atas dilaksanakannya kegiatan rukyatul hilal penetuan 1 Dzulhijah 1445.Ia berharap dengan hasil ini diharapkan pelaksanaan hari raya kurban 10 Dzulhijah akan dapat dilaksanakan secara serentak oleh seluruh umat muslim dengan aman, damai dan perbedaan penetapan.

"Kita semua tentu berharap semua dapat berjalan baik, meskipun di tengah kondisi ekonomi Babel yang sedang mengalami penurunan saat ini. Mari doakan Babel ke depan bisa mengambil kebijakan dan strategi ekonomi yang lebih baik ke depannya," harapnya.

BACA JUGA:Tim Dosen Prodi DIII Keperawatan Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang Pengabdian Masyarakat di Sungai Selan Atas

Kabid Bimais Kanwil Kemenag Bangka Belitung, Abdul Rohim juga menyebut bahwa pelaksanaan rukyatul hilal ini dilaksanakan pada 29 Dzulhijjah 1445H/2024M." Kegiatan ini  sangat penting dilaksanakan oleh Kemenag sebagai upaya memberikan layanan, panduan dan informasi kepada umat dan masyarakat," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: