BE WISELY IN USING SOCIAL MEDIA: BIJAK DALAM BERSOSMED

BE WISELY IN USING SOCIAL MEDIA: BIJAK DALAM BERSOSMED

Keisya Aura Cantika --Foto: ist

Oleh Keisya Aura Cantika

Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung

 _________________________________________

Media sosial merupakan media yang kita gunakan untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan media sosial memudahkan kita untuk mengakses informasi dari berbagai sumber yang ada dan kita dapat mengaksesnya dimana saja. Namun kita perlu menyadari dampak dari penggunaan media sosial yang tidak bijak dapat memiliki dampak negatif yang signifikan. Oleh karena itu, saya percaya bahwa penting bagi kita semua untuk menggunakan media sosial dengan bijak.

Media sosial mempunyai dua sisi manfaat yang berbeda, terdapat sisi positif maupun negatif. Hal-hal positif yang kita share di media sosial membantu membangun citra diri yang positif kediri kita maupun orang lain. Kita harus bijak dalam Memilih konten yang bermanfaat dan menghindari konten yang bersifat negatif atau merugikan, kita dapat membangun reputasi online yang baik dan memperoleh pengaruh positif di dunia maya.

BACA JUGA:Pilkada Bangka Semakin 'Manis'

BACA JUGA:REFORMASI, & PENGHINATAN KAUM INTELEKTUAL

Selain itu, dengan penggunaan media sosial yang bijak membantu kita melindungi privasi dan keamanan pribadi. Dengan membatasi informasi pribadi yang kita bagikan dan berhatihati dalam berinteraksi dengan orang asing. Kita dapat mengurangi resiko dalam penyalahgunaan data pribadi.

Penggunaan sosial media yang bijak dapat mempertahankan kita mempertahankan hubungan yang sehat dengan orang lain. Sebaiknya kita memilih kata-kata dengan bijaksana dan menghindari konflik yang tidak perlu, kita dapat memastikan interaksi online bersifat positif dan mendukung.

Penggunaan secara bijak juga dapat mengurangi dampak negatif sosial media terhadap kesehatan mental. Kita dapat memberikan motivasi dan penyuluhan terhadap orang yang memiliki isu mental seperti korban bullying, kekerasan, atau pelecehan seksual, dengan kita melakukan hal-hal seperti itu mereka merasa ada teman yang membela atau ikut merasakan bagaimana diposisi mereka.

BACA JUGA:Adaptasi Pemimpin Babel dengan Pilar Kepemimpinan “Blue Ocean Strategy” Dalam Menghadapi Tantangan Krisis

BACA JUGA:Babel Mencari Pemimpin

Apapun segala sesuatu pasti memiliki dampak baik maupun buruk, tetapi semua itu tergantung bagaimana diri kita mendapatkannya, mengelolanya, dan menerapkannya.

Penggunaan sosial media yang bijak sangatlah penting dalam kehidupan modern. Dengan memilih konten yang positif, melindungi privasi dan keamanan pribadi, menjaga hubungan yang sehat, dan menjaga kesehatan mental, kita dapat memastikan bahwa sosial media tetap menjadi alat yang bermanfaat dan positif dalam kehidupan kita.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: