Pilkada Bangka Semakin 'Manis'

Pilkada Bangka Semakin 'Manis'

Iman Supiar --Foto: ist

Oleh: IMAN SUPIAR

Pemerhati Politik Lokal Babel

Koordinator APD Bangka

__________________________________________

DENGAN gelaran Pemilihan kepala daerah yang semakin dekat, kurang lebih 189 hari lagi, saat ini masa penjaringan bakal calon kepala daerah oleh partai politik, sudah terlihat antusiasme dan minat para kandidat Bakal calon kepala daerah ini. Untuk di Kabupaten Bangka, hingga hari Sabtu tanggal 18 mei 2024, sudah terdeteksi ada kurang lebih 18 orang kandidat yang memperlihatkan keseriusan untuk mengambil hati partai politik dan masyarakat untuk maju sebagai Bakal Calon Bupati ataupun Bakal Calon Wakil Bupati Bangka.

Para Bakal calon ini bukan lah sosok asing bagi masyarakat Bangka karena mereka adalah tokoh-tokoh Bangka yang sudah mengisi keseharian sebagian besar di Kabupaten Bangka.

Latar Belakang para Bakal Calon kepala daerah di Kabupaten Bangka

Jika melihat di proses pendaftaran atau pengambilan formulir untuk Bakal Calon Kepala daerah Kabupaten Bangka di masing-masing partai politik, ada yang menarik. Selain jumlah peminat yang banyak, juga latar belakang mereka bervariasi. Ada yang politisi murni (pengurus partai, kader) baik yang sedang menduduki kursi di parlemen, juga ada dari birokrat, pensiunan ASN, mantan kepala daerah, Pensiunan TNI, profesional dan Pengusaha. Ini menandakan bahwa Posisi kepala daerah ini masih menjadi daya tarik bagi hampir semua tokoh dengan berbagai latar belakang. Latar belakang yang berbeda dengan keahlian dan basic keilmuan ini bisa menjadi modal besar dan keleluasaan bagi partai politik untuk memilih kandidat yang memang benar-benar mumpuni untuk diajukan ke publik sebagai calon kepala daerah yang akan menakhodai Kabupaten Bangka kedepan.

Latar belakang politisi, profesional dan pengusaha, ASN atau birokrat serta pensiunan ini bisa dikatakan sebuah kombinasi yang sangat dinamis. Tinggal bagaimana mekanisme diinternal partai untuk menentukan mana yang terbaik dari yang baik ini.

Pasangan Kepala daerah seperti Bupati dan Wakil Bupati ini memang harus diisi kombinasi yang pas, agar roda pemerintahan di Kabupaten ini bisa berjalan dengan baik.

BACA JUGA:MODIFIKASI SISTEM TATA KELOLA SAMPAH, DEMI PANGKALPINANG YANG BERSIH, ASRI, DAN TERJAGA

BACA JUGA:MENANTI “JAMU” UNTUK PARA PELAKU USAHA DAN PERBANKAN

Faktor wilayah dan Kearifan daerah

Ada yang menarik jika bicara Pemilihan kepala daerah di Kabupaten Bangka. Asal sang  akal calon juga turut menentukan, dikarenakan Kabupaten Bangka selaku kabupaten tertua di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dengan 8 kecamatan, 81 desa dan kelurahan, membuat faktor kewilayahan dan kearifan daerah turut mempengaruhi dalam urusan Kepala Daerah ini, walau tidak ada ketentuan secara tersurat akan hal itu, tetapi tersirat jika suara arus bawah menginginkan yang menjadi kepala daerah itu mewakili mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: