Tipikor Timah, 1 Saksi Pejabat Kementerian ESDM Diperiksa, Kluster Pemda Mulai Digarap

 Tipikor Timah, 1 Saksi Pejabat Kementerian ESDM Diperiksa, Kluster Pemda Mulai Digarap

Gedung Bundar JAM Pidsus Kejagung RI, Jakarta.--

BABELPOS.ID.- Kasus dugaan Tipikor tata niaga timah 2015 - 2022 mulai merembet kemana-mana.  Data teranyar, sebanyak 3 pejabat di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) diperiksa Kejagung RI.

Kapuspenkum Ketut Sumedana menyebut saksi yang diperiksa tersebut berinisial BE, selaku Sub Koordinator Pemasaran pada Kementerian ESDM.  

“Ketiga saksi diperiksa terkait dengan penyidikan perkara untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan dalam perkara dimaksud,” kata Ketut.

Selain dari pihak Kementerian ESDM, Kejagung juga turut memeriksa saksi berinisial FA dan TM selaku inspektur tambang.

"Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan dalam perkara dimaksud," tuturnya.

Diketahui, dalam kasus ini total ada 16 orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka. 

Selain dari kluster BUMN dalam kasus ini juga ada kluster Pemda Provinsi Babel yang sudah masif diperiksa Kejagung namun belum ada penetapan tersangka.  

BACA JUGA:5 Smelter yang Disita Kejagung Bakal Dioperasikan PT Timah

Sementara itu, Tim penyidik Jampidsus Kejaksaan Agung RI memberi sinyal kalau penyidikan tata niaga pertimahan tak akan terhenti hanya sebatas kluster PT Timah Tbk dan smelter saja.

Kluster Pemda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) tetap akan digali lagi.  Mulai dari soal Jamrek, RKAB (Rencana Kegiatan dan Anggaran Biaya), hingga adanya direktur perusahaan boneka dari kalangan PNS.

Sinyal pengusutan itu datang langsung dari Sesjampidsus, Andi Herman, usai menggelar rapat kordinasi terkait aset sitaan perkara Tipikor Tata Niaga Pertimahan di kantor Gubernur Pemprov Babel, 23 April 2024.

Bagi penyidik pemeriksaan itu hanya menunggu waktu saja. 

"Penyidik sedang bekerja untuk itu ya," kata Andi Herman.

Andi juga tak menampik kalau penyidik telah memeriksa -sedari awal penyidikan- banyak pejabat terkait di lingkungan Pemda terutama ESDM. Hanya saja dia tidak merinci detil siapa-siapa saja pejabat dimaksud itu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: