Jelang Idul Fitri, Kanwil Kemenkumham Babel Sidak Lapas Narkotika Pangkalpinang

Jelang Idul Fitri, Kanwil Kemenkumham Babel Sidak Lapas Narkotika Pangkalpinang

--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Bangka Belitung melalui Tim Divisi Pemasyarakatan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang, Senin (25/3/2024) malam sekira pukul 22.30 WIB. 

BACA JUGA:Cegah Kriminalitas Jalanan dan Kecelakaan, Satlantas Polresta Pangkalpinang Gencarkan Shelter Patroli Terpadu

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka deteksi dini, pencegahan dan antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib) pada saat pelaksanaan rangkaian ibadah Ramadan sekaligus sebagai upaya peningkatan kewaspadaan menjelang hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah.

BACA JUGA:Sambil Buka Puasa Bersama, Ikamba Batam Santuni Puluhan Anak Yatim Piatu

Sidak dipimpin langsung Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Babel Kunrat Kasmiri. Turut mendampingi Kabid Keamanan Ridha Ansari, Kalapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang Nur Bambang Supri Handono, Kalapas Kelas IIA Pangkalpinang Badarudin, Kepala Balai Pemasyarakatan Pangkalpinang Andriyas Dwi Pujoyanto beserta Tim Pengamanan Lapas Narkotika kelas IIA Pangkalpinang.

BACA JUGA:Tekan Inflasi, Pemkot Pangkalpinang Gandeng Bank Sumsel Babel Gelar Operasi Pasar Murah

Dalam sidak ini, dilakukan penggeledahan badan dan kamar hunian yang di ambil secara acak di salah satu blok Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang. Upaya pencegahan dan deteksi dini terhadap gangguan keamanan berupa penggunaan alat komunikasi, penggunaan alat-alat terlarang lainnya yang memiliki potensi menjadi gangguan keamanan dan ketertiban diperiksa dan disisir secara teliti dibawah pengawasan langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan.

BACA JUGA:Tersangka Masih 14, Kejagung Periksa 1 Kepala Divisi dan 2 Staf Direksi PT Timah Tbk

Kadivpas Kanwil Kemenkumham Babel Kunrat Kasmiri menyebut, saat ini Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang dihuni oleh 921 orang dengan latar belakang kasus narkotika. Hal itu, kata dia, menjadi atensi khusus pihaknya dalam upaya melakukan deteksi dini, pemberantasan pencegahan penyalahgunaan narkotika serta dilakukan sinergitas dengan aparat penegak hukum.

BACA JUGA:Soal Timah, Siang ini Komisi VII DPR RI Bertemu Pj Gub serta Para Pihak dari Babel

“Kami tidak akan pernah lelah untuk menjaga dan melaksanakan tugas ini sebagai tanggung jawab kami. Hari ini setelah kami melaksanakan kegiatan safari Ramadan dari Rutan Muntok, kami sempatkan melaksanakan kegiatan sidak di Lapas Narkotika Kelas IIa Pangkalpinang, walaupun sudah malam," kata Kadivpas. 

BACA JUGA:Masari Masih Dicari, Korban Ngaku Sempat Lihat Buaya?

Kadivpas mengatakan, melalui kegiatan tiga kunci pemasyarakatan (PAS) maju yaitu berantas narkotika, deteksi dini dan sinergitas dengan aparat penegak hukum dan back to basic ini diharapkan dapat menekan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di dalam lapas. 

BACA JUGA:High Level Meeting Penguatan Tata Kelola Instansi Pemerintah dan Korporasi Di Wilayah Provinsi Kepulauan Babel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: