Soal Timah, Siang ini Komisi VII DPR RI Bertemu Pj Gub serta Para Pihak dari Babel

Soal Timah, Siang ini Komisi VII DPR RI Bertemu Pj Gub serta Para Pihak dari Babel

RDP Komisi VII DPR RI Dengan Para Pihak dari Bangka Belitung, Hari ini.-dok-

TERKAIT terpuruknya perekonomian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sebagai imbas kasus pertimahan yang terjadi saat ini, adalah kondisi nyata yang tak bisa dibiarkan begitu saja.

-------------------------

ANGGOTA Komisi VII DPR RI, Bambang Patijaya yang kepada BABELPOS.ID sebelumnya menyatakan menginisiasi adanya rencana dengan pendapat (RDP) antara para wakil rakyat di Senayan Jakarta dengan para pihak dari Babel, tampaknya tak cuma isan jempol.  Bahkan ancer-ancer RDP digelar tanggal 26 Maret 2024 hari ini, tampaknya benar.

Dari bocoran undangan yang diterima BABELPOS.ID.- tertera:

I. Raker dengan Menteri ESDM RI dan RDP dengan Dirut Mind-ID dan Dirut PT Vale Indonesia Tbk, yang akan dilaksanakan pada Selasa, 26 Maret 2024 Pukul 13.00 WIB, ditunda sampai pemberitahuan lebih lanjut.

II. RDP dengan Plt. Dirjen Minerba KESDM RI dan Dirut PT TIMAH (Persero) Tbk serta RDPU dengan Pj. Gubernur Kep. Bangka Belitung, Bupati Belitung Timur, Bupati Bangka Tengah, Ketum Asosiasi Eksportir TIMAH Indonesia, dan Sekretariat Bersama Organisasi Masyarakat Belitung Timur, yang semula akan dilaksanakan pada Selasa, 26 Maret 2024 Pukul 16.00 WIB berubah menjadi Selasa, 26 Maret 2024. pukul 13.00 WIB.

BACA JUGA:Bambang Patijaya Lantang Suarakan Babel!

''Adapun mengenai tempat dan acara tidak mengalami perubahan.  Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengharapkan kehadiran Bapak/Ibu,'' demikian tertera dalam undangan RDP dimaksud.

Seperti diketahui, perekonomian Babel saat ini benar-benar rontok oleh sebab kinerja pertambangan timah Babel  anjlok pada 2024, salah satu penyebabnya berkaitan dengan dugaan kasus korupsi di PT Timah Tbk (TINS) yang tengah diusut Kejagung RI saat ini.

BACA JUGA:Komisi VII DPR RI akan Panggil Dirjend, Dirut PT Timah, PJ Gubernur, Bupati Beltim, Hingga Wakil Penambang

Hanya saja, BPJ --demikian Putra Kelahiran Sungailiat ini akrab disapa--- juga perlu tekankan, anjlok juga bukan serta-merta terjadi karena adanya proses penegakan hukum, tetapi terjadi karena rencana 

tetapi terjadi karena rencana kerja dan anggaran biaya (RKAB) yang terhambat.

Seberapa anjlokkah perekonomian Babel memasuki tahun 2024 ini?

Data BPS dimana pada Desember 2023 sampai Januari 2024, ekspor timah menurun hingga 82%.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: