Motivasi ke Kader IMM, Bambang Patijaya: Qui Ascendit Sine Labore, Descendit Sine Honore

Motivasi ke Kader IMM, Bambang Patijaya: Qui Ascendit Sine Labore, Descendit Sine Honore

BPJ Bersama Kader IMM.-Dok-

BABELPOS.CO.- 'Qui Ascendit Sine Labore, Descendit Sine Honore', maknanya, 'Jika anda naik tanpa persiapan, maka akan turun tanpa kehormatan'.

Demikian pesan singkat penuh makna yang disampaikan Anggota Komisi VII DPR RI, Bambang Patijaya dalam hajatan Darul Arqam Dasar (DAD) Terpadu yang digelar Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Cabang Pangkalpinang.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan Masjid Kayu, Kelurahan Tuatunu tersebut, Bambang membahas secara detail mengenai kepemimpinan. 

Menurutnya, anak muda harus tampil dan berani merebut kepimpinan, namun demikian harus secara konstitusional.

BACA JUGA: Listrik Pulau Nangka Kini 24 Jam, Bupati Bateng pun Happy, Thanks BPJ

"Setiap ada kesempatan silakan anak muda tampil. Tapi harus sesuai dengan kapasitas dan tingkatannya," kata Bambang saat menjadi narasumber. 

Bahkan dalam kesempatan itu, dirinya mengutip pepatah latin "Qui ascendit sine labore, descendit sine honore” yang bisa menjadi pegangan bagi para kader.

"Saya ingat pepatah latin yang artinya "Jika anda naik tanpa persiapan, maka akan turun tanpa kehormatan". Maka persiapkanlah diri anda, kalau sudah saatnya tampil harus fokus," ucapnya. 

Kegiatan pengkaderan ini, kata Bambang, merupakan proses yang sedang dijalani oleh para kader IMM untuk membangun kapasitas, jaringan, serta mengembangkan pola pikir. 

BACA JUGA:Pasokan LPG 3 Kg Lancar, Bambang Patijaya: Pertamina Tanggap dan Responsif

"Inilah bagian dari ikhtiar, dan kegiatan ini akan memberikan kematangan secara psikologi, jaringan dan konsep. Sehingga akan teruji sebagai aktifis tulen," ujar politikus yang akrab disapa BPJ itu.

Selain itu, BPJ juga menilai bahwa melalui kegiatan tersebut dapat melatih para kader agar mampu menganalisis situasi, sehingga nantinya tidak menjadi alat oleh orang lain.(mah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: