Listrik Pulau Nangka Kini 24 Jam, Bupati Bateng pun Happy, Thanks BPJ

 Listrik Pulau Nangka Kini 24 Jam, Bupati Bateng pun Happy, Thanks BPJ

Pulau Nangka Kini Dialiri Listrik 24 Jam.--

BABELPOS.ID.- Jika aspirasi rakyat tak cuma didengar tapi diperjuangkan, pasti ada jalan dan solusi.  Seperti soal kelistrikan di Pulau Nangka, Bangka Tengah (Bateng) yang selama ini cuma 12 jam, kini bisa 24 jam.  

Aspirasi soal ini sampai ke telinga anggota Komisi VII DPR RI Dapil Bangka Belitung (Babel), Bambang Patijaya atau yang akrb disapa BPJ.  Tentu saja, Ketua DPD Partai Golkar Babel itu merasa harus memperjuangkan, bahkan soal ini sempat ia kemukakan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dirut PLN selaku mitra Komisi VII.  

Ini semua bermula ketika dalam sebuah momen diskusi di pertengahan Oktober 2023 lalu, ada mahasiswa yang curhat kepada Bambang Patijaya. Mahasiswa itu berkeluh kalau listrik di Pulau Nangka cuma menyala 12 jam setiap harinya. 

BACA JUGA:Grand Opening Widari Hotel, Jadi Histori Bangka Tengah, BPJ: Koba Tumbuh Positif

"Kalau Bapak bisa, coba bikin Pulau Nangka itu menyala 24 jam listriknya," demikian tantangan yang disampaikan mahasiswa tersebut.

Mendapati aspirasi beraroma tantangan demikian, Bambang Patijaya segera mencarikan solusinya. Tokoh politik nasional itu, kemudian berkunjung ke PLN Wilayah Babel untuk menyampaikan kepada pihak terkait.

Dalam pertemuannya dengan PLN yang diterima oleh General Manager PLN Babel, Mohammad Munief Budiman pada 17 Oktober 2023 lalu, Bambang Patijaya menyampaikan bahwa warga di Pulau Nangka, belum bisa menikmati listrik 24 jam. Sebagai Anggota Komisi VII DPR RI yang mempunyai lingkup tugas mengawal energi, riset dan teknologi serta lingkungan hidup, Bambang mendorong PLN agar mempercepat kondisi kelistrikan di Pulau Nangka agar terus menyala sepanjang hari.

"Untuk melistriki Pulau Nangka serta lokasi lainnya, jika ada kendala baik itu masalah sosial, lingkungan yang masuk ke dalam hutan lindung, kami siap bersinergi dengan PLN untuk mencarikan solusi bersama," sebut Bambang, saat itu.

BACA JUGA:BPJ: BBM Subsidi, Harus Tepat Sasaran dan Proses yang Benar!

Tak lama, PLN pun menyurati via Bupati Bangka Tengah yang mengabarkan kalau listrik pulau Nangka segera 24 jam. Jawaban pun didapat. 

"Pulau Nangka akan menyala 24 jam mulai tanggal 30 November 2023," tulis Pelaksana Harian General Manager, Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN UIW Babel, Yuli Ashaniais Ramadani, dalam jawaban surat resmi PLN, bertandatangan 8 November 2023.

Senin, 4 Desember 2023, prosesi  dari menyalanya 24 jam listrik di Pulau Nangka dilaksanakan. 

Senior Manajer Komunikasi, Keuangan dan Umum (KKU) PLN Unit Instalasi Wilayah Bangka Belitung (UIW) Anton Wahyu Utomo mengatakan, di Pulau Nangka mulai dibangun PLTD berkapasitas 2x100 MW sejak April 2017. Namun, sejak saat itu baru beroperasi 12 jam saja. 

Anton bersyukur berkat dukungan dari banyak pihak, akhirnya PLN bisa mewujudkan listrik nyala 24 jam di Pulau Nangka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: