Usung Kemandirian UMKM, Puluhan Bisnis Mitra PT Timah Tbk Naik Daun

Usung Kemandirian UMKM, Puluhan Bisnis Mitra PT Timah Tbk Naik Daun

Dok. PT Timah Tbk--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG-- Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berperan penting dalam menggerakkan perekonomian masyarakat, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

BACA JUGA:Zakat Fair 2023, Selama 11 Bulan Baznas Bateng Sudah Salurkan Bantuan Rp3 Miliar

Sejalan dengan hal tersebut, PT Timah Tbk tetap berkomitmen mendorong pelaku UMKM untuk maju melalui program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK). Dilaksanakan sejak tahun 2000, ribuan pelaku UMKM di Wilayah Operasional PT Timah Tbk di Provinsi Bangka Belitung, Provinsi Riau, Provinsi Kepulauan Riau, dan Jakarta telah merasakan manfaat dari program PUMK.

Upaya PT Timah Tbk untuk kemajuan UMKM antara lain berupa dukungan permodalan, pendampingan, pelatihan, promosi, dan pemasaran produk UMKM. Tujuannya agar pelaku UMKM semakin maju.

BACA JUGA:Cegah Narkoba Jelang Tahun Baru, Polresta Pangkalpinang Gencarkan Razia Tempat Hiburan Malam

Pada kuartal III tahun 2023 saja, 15 bisnis mitra PT Timah Tbk berhasil naik daun. PT Timah Tbk terus mendorong pelaku UMKM untuk berkembang.

Bisnis mitra PT Timah Tbk ini naik daun karena memenuhi berbagai kriteria, seperti menambah jumlah karyawan, menaikkan nilai pinjaman, memperluas kapasitas produksi, meningkatkan omzet, melibatkan masyarakat lokal dalam menghasilkan produk, meningkatkan pemasaran produk di luar kota/ negara, dan memperoleh sertifikat nasional/internasional.

BACA JUGA:Tak Terlihat 4 Hari, Ditemukan Sudah Jadi Mayat

Upaya lain yang dilakukan PT Timah Tbk untuk membantu kemajuan UMKM adalah dengan membantu promosi dan pemasaran produk untuk meningkatkan awareness sehingga dapat berujung pada peningkatan produksi.

Sebagai anggota holding industri pertambangan MIND ID, PT Timah Tbk juga mendatangkan mitra bisnis potensial untuk memasarkan produknya di pameran nasional dan internasional. Tak berhenti sampai disitu, PT Timah Tbk juga memberikan pembinaan kepada pelaku usaha mitra untuk mengembangkan usahanya.

BACA JUGA:Tari Cakter, Ketika Pergaulan Muda-mudi Bangka Diangkat Dalam Tarian

PT Timah Tbk juga memasarkan produk UMKM melalui platform digital antara lain Pasar Digital UMKM BUMN (PaDI), meningkatkan pemasaran produk melalui Tins Gallery dan Galery Serumpun Sebalai.

Pada tahun 2023, PT Timah Tbk menyalurkan pinjaman modal kepada UMKM sebesar Rp10 miliar yang disalurkan melalui Bank BRI kepada ratusan pelaku UMKM di wilayah operasional perusahaan.

BACA JUGA:Ditemukan Sudah Jadi Mayat, Asen Kancil Dimakamkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: