Ini Para Pemenang Kreasi Tari Festival Kemilau Pesona Basel, Juara 1 dari Bangka

Ini Para Pemenang Kreasi Tari Festival Kemilau Pesona Basel, Juara 1 dari Bangka

Para pemenang kreasi tari Festival Kemilau Pesona Bangka Selatan.--Yudi

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Sanggar Seni Lawang Budaya Kabupaten Bangka meraih juara pertama, lomba Tari Kreasi, pada ajang Festival Kemilau Pesona Bangka Selatan 2023 pekan lalu.

Dalam even yang digelar di kawasan pantai Nek Aji Toboali itu, sanggar Seni Lawang Budaya membawa sebuah karya tari yang terinspirasi dari kisah legenda masyarakat suku Mapur atau Urang Lum

"Judul tarinya Bubung Tujuh. Jadi ide garapannya kami angkat dari kisah yang melegenda di suku Mapur yang ada di Pulau Bangka. Secara visual bagaimana dalam tarian ini kami menampilkan Bubung Tujuh yang penuh dengan misteri serta ghaib melalui imaginasi dan kreativitas gerak yang mengakar pada gerak tari tradisional Bangka yakni Kedidi, serta musik yang lebih mengexplore bunyi bunyian yang kami identifikasi dari instrumen musik - musik Bangka Belitung seperti dambus, gendang silat, gendang anak enduk, tawak - tawak, suling, gendang melayu dan artistiknya melalui Busana dan property yang sesuai dengan ide cerita tariannya," ujar Wandasona Alhamd, Pimpinan Sanggar Seni Lawang Budaya kepada wartawan Senin (23/10/2023).

Wandasona mengatakan, lomba tari kreasi pada ajang Festival Kemilau Pesona Bangka Selatan yang berlangsung pada hari Sabtu 21 Oktober 2023, tersebut diikuti sebanyak 9 Sanggar Seni diantaranya dari Kabupaten Bangka Selatan Sanggar Seni Dharma Habangka, Tiara Selatan, Warisan Vankangin, Eksotika Habang, Yuwaraja, Humpit Beduri. 

Sementara Kota Pangkalpinang diwakili Sanggar Seni Astari dan Kabupaten Bangka diwakili 2 Sanggar terbaiknya Rebang Emas dan Sanggar Seni Lawang Budaya.

"Alhamdulillah dari even ini kita kembali dapat merasakan evorianya berkarya ditonton masyarakat yang luar biasa antusiasnya di Toboali ini, sampai penuh dan mereka sangat mengapresiasi penampilan tari karya sanggar - sanggar yang tampil. Even ini liat biasa," ucapnya.

BACA JUGA:Event Kemilau Wisata Pesona Basel Sedot Puluhan Ribu Orang, Riza: Konsep Sederhana Hasilnya Mewah

BACA JUGA:Kecewa Gagal Tampil di Event Kemilau Pesona, Barongsai Benteng Selatan: Kami Bingung

Dalam Even ini Sanggar Seni Lawang Budaya berhasil meraih 3 penghargaan yakni Penyaji Terbaik 1, Penata Tari Terbaik atas nama Muhammad Rizky dan Penata Busana Terbaik atas nama Juwita Handayani.

"Kita bersyukur, bisa menjadi yang terbaik diantara karya - karya terbaik juga ya, ini saya jadikan motivasi untuk terus berbuat yang terbaik dan terus menggali serta melestarikan tarian daerah Kepulauan Bangka Belitung," kata M. Rizky, Penata tari terbaik dari Sanggar Seni Lawang Budaya.

Sementara itu Juwita Handayani, Penata Busana Tari Bubung Tujuh mengaku senang atas capaian yang di raih oleh Timnya di sanggar seni Lawang Budaya. Menurutnya persiapan menghadapi even ini dilakukannya bersama tim dengan serius.

"Iya kita itu setiap mempersiapkan even tentu dengan serius, bagaimana konsep tarian, gerak, busana, make up, property, latihan semua itu kita fikirkan betul termasuk dalam menghadapi even ini juga, Alhamdulillah usaha tidak menghianati hasil, Lawang Budaya mampu menjadi yang terbaik," imbuhnya.

BACA JUGA:Kemilau Pesona Bikin Bangka Selatan Berkilau

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Babel Apresiasi Event Kemilau Pesona Bangka Selatan 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: