Berdayakan Masyarakat Pesisir Belinyu, UBB Ajari Produksi Gel Pengharum Ruangan Pengusir Nyamuk

Berdayakan Masyarakat Pesisir Belinyu, UBB Ajari Produksi Gel Pengharum Ruangan Pengusir Nyamuk

Tim PMTU UBB yang mengajari masyarakat pesisir Belinyu pembuatan gel pengharum ruangan pengusir nyamuk.--Ist

BABELPOS.ID, BELINYU - Universitas Bangka Belitung (UBB) menggelar pelatihan sebagai bentuk perwujudan dari Pengabdian kepada Masyarakat Tingkat Universitas (PMTU) dengan pokok gagasan berupa pemberdayaan masyarakat pesisir dalam peningkatan inovasi produk berbahan dasar rumput laut di Yayasan Ma’had Islam Jamalullail, Belinyu, Rabu (18/10/2023).

Diketahui bahwa salah satu inovasi yang dapat dilakukan oleh masyarakat pesisir adalah dengan melakukan pembuatan atau pengembangan produk dengan alternatif bahan baku utama rumput laut jenis E. cottonii.

Kali ini, inovasi yang dilakukan melalui pelatihan pembuatan gel pengharum ruangan pengusir nyamuk berbahan dasar karagenan (rumput laut) kepada kelompok masyarakat pesisir di Kampung Berok, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka.

BACA JUGA:Dosen UBB Gagas Apartemen Kepiting di Pantai Takari, Program Penggemukan dan Atraksi Wisata

BACA JUGA:UBB Latih UMKM Desa Sungkap Susun Laporan Keuangan Berbasis Android

Gel pengharum ruangan yang dibuat dikombinasikan dengan beberapa jenis tanaman yang berpotensi sebagai pengusir nyamuk seperti serai wangi, geranium, jeruk, lavender, dan lainnya yang sudah diekstrak (berupa minyak atsiri) sebagai salah satu upaya dalam meminimalisasi keberadaan nyamuk di suatu ruangan. 

Pelatihan ini diikuti oleh Kepala Sekolah SMK IT Ma’had Islam Jamalullail, Belinyu dengan melibatkan siswi pada Program Studi Perikanan dan Ibu PKK Kelurahan Belinyu. 

Antusiasme peserta tercipta dari kegiatan yang dilaksanakan, hal ini tergambarkan dari banyaknya peserta yang berkumpul untuk mengolah produk gel pengharum ruangan dari karagenan menjadi produk olahan bernilai guna. 

BACA JUGA:Gelar Aksi, FH UBB Kelas D Sambangi Panti Asuhan

BACA JUGA:FPPB UBB Lakukan Penghijauan, Tanam Bibit Hingga Budidaya Lebah Kelulut

“Kami sangat mendukung kegiatan pelatihan ini, kebermanfaatan ini bisa kami rasakan karena adanya satuan pendidikan yang fokus bidang perikanan sehingga kami berharap adanya keberlanjutan dari kegiatan ini ke depannya," ujar Sangdi selaku Kepala SMK IT Ma’had Islam Jamalullail.

Ris Suparman sebagai Ketua Yayasan sekaligus pelaku usaha perikanan juga sedikit menyinggung terkait keinginannya dalam keberlanjutan kegiatan ini.

"Kegiatan ini, jangan sebatas membuat satu produk saja, melainkan bisa menghasilkan beberapa inovasi produk lainnya yang belum ada di Kepulauan Bangka Belitung," tuturnya.

BACA JUGA:Biologi UBB Mengabdi di Teru, Inisiasi Pengadaan Bibit Jamur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: