FPPB UBB Lakukan Penghijauan, Tanam Bibit Hingga Budidaya Lebah Kelulut

FPPB UBB Lakukan Penghijauan, Tanam Bibit Hingga Budidaya Lebah Kelulut

Kegiatan penghijauan oleh FPPB UBB di Kampus Balun Ijuk.--Ist

BABELPOS.ID, MERAWANG - Fakultas Pertanian, Perikanan, dan Biologi (FPPB) Universitas Bangka Belitung (UBB) menggelar program Penghijauan dengan Penanaman Bibit Pohon di Hutan Kampus FPPB UBB, Kamis (21/9/2023).

Kegiatan berkolaborasi dengan Pengelola Edutourism Park UBB yang diketuai oleh Riko Irwanto, S.Pd M.Si ini dihadiri oleh Dr Sri Rahayu, SH, MH selaku Wakil Rektor 2 dan Dr. Dwi Haryadi, SH, MH selaku Wakil Rektor 3 serta Kepala BPKKU, Ketua LP3M, Kepala UPT Bahasa, seluruh Dekan dan Wakil Dekan, Ketua Jurusan, Dosen dan mahasiswa Universitas Bangka Belitung.

BACA JUGA:Biologi UBB Mengabdi di Teru, Inisiasi Pengadaan Bibit Jamur

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Dekan FPPB UBB, Riwan Kusmiadi, S.TP, M.Si di Gedung E Fakultas Pertanian, Perikanan, dan Biologi, UBB.

Sedangkan, penanaman bibit pohon dilakukan di dalam Hutan Kawasan Edutourism Park UBB dengan beberapa jenis bibit pohon lokal Pulau Bangka meliputi bibit Pohon Nyatoh, Melangir, Kepayang, Pinang, dan Ketapang Kencana. 

BACA JUGA:Biologi UBB Mengabdi di Teru, Inisiasi Pengadaan Bibit Jamur

Kegiatan dilanjutkan dengan survey lokasi untuk penanaman bibit Bunga Anggrek yang berkolaborasi dengan Bangka Flora Society. 

"Bibit Bunga Anggrek ini merupakan bibit yang diadopsi dari Bangka Flora Society dan akan ditanam di Kawasan Hutan Edutourism Park UBB. Kemudian untuk melengkapi komponen hutan, maka bersama tim pengelola Edutourism Park kita juga melakukan budidaya Lebah Kelulut yang menghasilkan Madu Kelulut sebagai salah satu upaya menjaga keseimbangan ekosistem hutan," ujar Riwan Kusmiadi, Kamis (21/9/2023).

BACA JUGA:Dosen Pengabdian UBB Ajari UMKM Pangkalpinang Pemasaran Digital

Dikatakan Riwan, program kali ini mencangkup kegiatan gotong royong untuk penghijauan hutan dengan penanaman bibit pohon di hutan kampus UBB.

"Tujuannya untuk mengkonservasi hutan kampus UBB dengan mengembalikan fungsi ekologisnya dan menjaga keseimbangan ekosistem hutan secara utuh melalui pengkayaan jenis bibit pohon dan budidaya Lebah Kelulut agar terciptanya kawasan Hutan Edutourism Park UBB," terang Riwan.

BACA JUGA:Biologi UBB Eksplorasi Pulau Semujur, Ciptakan Kelas Kolaboratif dan Partisipatif

Kata Dia, output yang diharapkan dari serangkaian kegiatan ini adalah dapat mendukung terwujudnya Kawasan Hutan Edutourism Park UBB yang memiliki hutan yang kaya akan jenis pohon lokal Pulau Bangka dilengkapi dengan berbagai Bunga Anggrek dan budidaya lebah kelulut.

"Ini sebagai upaya menjaga keseimbangan ekosistem hutan edutourism park UBB. Kawasan Hutan Edutourism Park UBB ini diharapkan menjadi laboratorium alam, dimana mahasiswa dapat melakukan kegiatan praktikum dan ke depannya dapat menjadi sarana wisata edukasi bagi masyarakat Pulau Bangka," harapnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: