Bangka Tengah Targetkan Vaksin Rabies Anjing di Atas 70 Persen

Bangka Tengah Targetkan Vaksin Rabies Anjing di Atas 70 Persen

Vaksinasi Rabies di Desa Trubus, Kabupaten Bangka Tengah--

BABELPOS.ID, KOBA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) sedang gencar melakukan vaksinasi rabies terhadap hewan peliharaan anjing.

Hal itu sebagai langkah pencegahan masuknya kasus rabies di Bangka Tengah yang menjadi fokus Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten (DPKP Bateng).

Apalagi, Provinsi Bangka Belitung termasuk Bangka Tengah sampai saat ini masih dinyatakan sebagai daerah bebas rabies. 

BACA JUGA:8 dari 16 Parpol Ajukan Pergantian Bacaleg, KPU Segera Verifikasi Berkas

Hal ini disampaikan oleh Subkordinator Kesehatan Hewan DPKP Bangka Tengah, drh Rahmawati, Rabu (4/10/2023).

“Tujuan kita adanya vaksinasi itu adalah untuk mencegah hewan penular rabies atau virus rabies nya masuk ke Bangka Belitung,” ujar Rahma. 

Oleh karena untuk mengantisipasi hal tersebut satu-satunya cara adalah dengan vaksinasi, apalagi di Bangka Belitung bisa saja kemungkinan ada hewan-hewan dari luar yang masuk lewat pelabuhan-pelabuhan tanpa diperiksa.

BACA JUGA:Alhamdulillah... BMKG Umumkan Musim Kemarau Berakhir Oktober

“Kita takutkan, hewan-hewan inilah yang membawa virus rabies dari luar (Pulau Bangka Belitung). Jadi, kalau anjing-anjing yang ada di Babel sudah divaksin rabies, maka sudah ada kekebalan tubuhnya,” tuturnya.

Dikatakan Rahma bahwa paling tidak target cakupan vaksinasi rabies ditargetkan di atas 70 persen dari jumlah populasi anjing di Bangka Tengah.

"Kalau sudah di atas 70 persen, baru bisa kita dikatakan aman atau sudah mampu mengendalikan rabies,” imbuhnya. (sak/ynd).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: