Target 78, Hewan Tervaksin Melebihi Target

Target 78, Hewan Tervaksin Melebihi Target

Vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan yang digelar DPPP Basel.--Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Dalam rangka memperingati HUT Ke 7 Republik Indonesia sekaligus World Rabies Day, Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) melalui Dinas Pertanian, Perikanan dan Pangan (DPPP) melaksanakan penyuntikan vaksin anti rabies ke sejumlah hewan peliharaan.

Dalam penyuntikan vaksin ini berbagai hewan dibawa oleh masyarakat yang memelihara seperti, kucing, anjing, kera, musang, maupun hewan lainnya.

"Selain itu kebetulan juga sebagai hari Anti Rabies Sedunia, jadi kita menggelar vaksin rabies gratis bagi masyarakat yang mempunyai hewan peliharaan," tutur Plt Kepala DPPP Basel Risvandika, Jum'at (29/09).

BACA JUGA:Belum Ada Kasus Rabies, Stok Vaksin Anti Rabies Aman

Pendaftaran para peserta ini dilakukan secara online dan offline dengan target 78 dosis vaksin. Namun karena antusiasme masyarakat yang luar biasa, peserta melebihi target.

"Pada pendaftaran online saja sudah ada sekitar 101 pendaftar. Antusiasme masyarakat sungguh luar biasa melebihi target kita yang hanya 78 dosis vaksin, sedangkan vaksin kita ada sekitar 125 dosis," jelasnya.

"Terima kasih atas kesadaran masyarakat yang telah membawa hewannya untuk divaksin, karena lebih baik kita jaga,  jangan sampai di Kabupaten Basel ada kasus rabies," imbuhnya.

BACA JUGA:DPPP Basel Gencar Sosialisasikan Penyakit Rabies

Sementara itu, Kepala Bidang Peternakan Nurudin memaparkan, dalam penyuntikan vaksin ini pihaknya bekerjasama dengan Persatuan Dokter Hewan Seluruh Indonesia (PDHI) Provinsi Bangka Belitung dengan tujuh tim petugas.

"Kita juga menggunakan 3 jenis vaksin yang berbeda beda yakni, Rabies Killed Vaccine, Neo Rabivet dan Nobivac Rabies, yang diklaim cukup efektif dalam mencegah hewan terkena rabies," jelasnya.

BACA JUGA:Pemkab Basel Terima 3.600 Dosis Vaksin Sinovac dari Dinkes Babel

Pelaksanaan vaksin terhadap hewan ini terus digencarkan pada setiap kegiatan, mulai dari program Aik Bakung maupun kegiatan lainnya dengan harapan tidak ada kasus rabies di Basel.

"Untuk seterusnya yang dimulai tahun ini akan kita giatkan vaksin massal agar hewan peliharaan yang ada di Basel terpapar rabies," pungkasnya. (*)

BACA JUGA:Sambut HUT Bhayangkara ke 75, Polres Basel Gelar Donor Darah & Vaksinasi Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: