Puluhan Titik Internet di Kepulauan Lepar Siap Beroperasi

Puluhan Titik Internet di Kepulauan Lepar Siap Beroperasi

Peresmian internet gratis di Pulau Lepar, Basel.--Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Puluhan titik internet di kepulauan Lepar Kecamatan Lepar Kabupaten Bangka Selatan (Basel) sudah siap digunakan.

Jaringan internet ini berasal dari PT Indonesia Comnets Plus atau PLN Icon Plus memberikan dukungan internet cepat di daerah itu, dengan menjadikan Pulau Lepar 100 persen Iconnet.

BACA JUGA:Horeee... Pulau Lepar Punya Wifi Gratis

Direktur Bisnis Konektivitas PLN ICON Plus, Sigit Wicaksono menyampaikan, pihaknya kini sudah menyediakan jaringan internet bagi pulau terluar yakni di kepulauan Lepar.

"Akses internet itu menggunakan konektivitas kabel bawah laut sepanjang 20 kilometer. Kabel itu juga sebagai penghubung antara Kecamatan Toboali dan Kecamatan Lepar," ungkapnya, Rabu (06/09).

BACA JUGA:Ekpedisi Merah Putih BFS di Kepulauan Lepar, Ada Potensi Terumbu Karang, Anggrek dan Mangrove Asri Terjaga

Disebutkan Sigit, pihaknya juga menambahkan kapasitas perangkat terminal melalui kabel internet bawah laut. Sehingga layanan internet di daerah itu mampu menampung sebanyak 1.024 sambungan di seluruh wilayah Pulau Lepar.

Kehadiran internet ini membuka seluas-luasnya akses informasi kepada masyarakat, dari ilmu pengetahuan hingga kesempatan untuk membuka bisnis baru, serta dapat memonitor seluruh perkembangan di seluruh dunia. Di mana akses internet yang dipasang di Pulau Lepar memiliki spesifikasi sama layaknya dipasang di kota besar lainya.

BACA JUGA:Peringati HUT Basel ke 20 di Lepar, Bupati Riza Ajak Lestarikan Budaya Asli Daerah

"Internet yang dipasang ini sama seperti di kota - kota besar lainnya, baik dari perangkat bisa akses internet di dalam negeri maupun luar negeri," terangnya.

Lebih lanjut, akses internet ini akan diberikan secara gratis selama satu tahun kedepan. Selain internet gratis pihaknya juga memberikan 20 laptop ke seluruh sekolah di Lepar serta pembangunan gapura.

BACA JUGA:Camat Lepar Ingatkan Pemdes Harus Bekerja Sesuai Aturan

"Dengan masuknya di pulau ini saat ini sudah lebih dari 200 masyarakat yang mengakses. Aksennya juga bisa sampai 1.024 kepala keluarga," tuturnya.

"Semua itu merupakan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dari PLN Icon Plus. Tak hanya itu, pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Pulau Lepar turut mendapatkan binaan, nantinya akan difasilitasi oleh PT PLN masuk ke dalam marketplace digital PLN Mobile," tambah Sigit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: