Lestarikan Budaya Leluhur dan Kenalkan Wisata Sunur Lewat Betungkah

Lestarikan Budaya Leluhur dan Kenalkan Wisata Sunur Lewat Betungkah

Lomba Betungkah yang digelar Pemerintah Desa Pangkal Niur yang berpusat di Perairan Tanjung Sunur Lestari, Minggu (23/7).-Tri-

BABELPOS.ID, RIAUSILIP - Lewat Lomba Betungkah, budaya leluhur dan wisata Tanjung Sunur Lestari di Desa Pangkal Niur, Kecamatan Riausilip dilestarikan. Pelestarian ini sekaligus untuk memantik pariwisata di Tanjung Sunur Lestari sebagai bagian dari destinasi wisata Kabupaten Bangka

Bupati Bangka melalui Staf Ahli Bupati Bangka bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Boy Yandra mengatakan pihak Desa Pangkal Niur menyelenggarakan lomba Betungkah di Desa Pangkal Niur Kecamatan Riausilip pada Minggu (23/7). Lomba Betungkah ini salah satu olahraga tradisional yang perlu dilestarikan oleh pemerintah maupun masyarakat. 

BACA JUGA:Ikut Gebyar Wisata Nusantara Expo, Dinparbud Bangka Pamerkan Ini

BACA JUGA:Wabup Bangka Yakin Perayaan Waisak Mampu Promosikan Pariwisata

"Tujuannya untuk menghibur dan menjaga kearifan lokal dan menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Desa Pangkal Niur dan Kabupaten Bangka. Ini mendukung pariwisata Kabupaten Bangka dan budaya leluhur agar tidak dimakan zaman dan tetap lestari," kata Boy Yandra saat membuka kegiatan. 

Lomba Betungkah di Desa Pangkal Niur diikuti peserta 63 laki-laki dan 30 perempuan yang memperebutkan hadiah utama sepeda motor. Peserta lomba Betungkah tidak hanya berasal dari Desa Pangkal Niur tetapi juga ada peserta dari beberapa desa di Kabupaten Bangka. Kegiatan yang berpusat di perairan Tanjung Sunur Lestari ini telah berjalan tiga tahun belakangan. 

BACA JUGA:Anugerah Pemasaran Pariwisata Indonesia 2023, Disparbud Yakin Tembus 10 Besar

BACA JUGA:Dewi Tari Bangka Masuk 75 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Diharap, pemerintah provinsi maupun Kabupaten Bangka dapat mengembangkan Tanjung Sunur ini sebagai salah satu even pariwisata. Hal yang menggembirakan lagi, keberadaan Tanjung Sunur ini telah terdaftar di Kemenkumham RI pada tahun 2023.

"Semoga Tanjung Sunur semakin dikenal masyarakat sebagai salah satu wisata di Kabupaten Bangka," pungkasnya.(*)

BACA JUGA:Fam Trip 2023, Cara Dinparbud Kenalkan Destinasi Wisata Bangka

BACA JUGA:Lewat Trabel#1, Wisata Belinyu Diharap Kian Terkenal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: