Audiensi dengan Nelayan Rias Belum Ada Kesepakatan, Bupati Riza akan Tarik Ponton Jika...

Audiensi dengan Nelayan Rias Belum Ada Kesepakatan, Bupati Riza akan Tarik Ponton Jika...

Audiensi Bupati Basel dengan Nelayan Batu Perahu soal tambang di perairan Rias.--Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Sempat mendatangi Kantor Bupati Bangka Selatan (Basel) ingin bertemu Bupati Riza Herdavid, akhirnya Senin (29/5) persatuan Nelayan Batu Perahu bisa audiensi dengan Bupati Basel di Balai Nelayan Batu Perahu Kecamatan Toboali.

Ikut hadir Kapolres Basel, Dandim 0432/Basel, jajaran Perwira Polres, Kapolsek Toboali, Forkopimda, anggota DPRD serta para masyarakat Batu Perahu dan sekitarnya.

"Saya mendatangi para nelayan sebagai bentuk pelayanan kita dan sebagai kepala daerah untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat," ujarnya Bupati Riza Herdavid, Senin (29/05).

BACA JUGA:Soal Konflik Nelayan Vs Tambang Laut: Sosiolog Lingkungan UBB Berharap Polisi Netral

Dikatakan Bupati Riza, penambangan bukan kebijakan Pemkab Basel, melainkan Pemprov. Akan tetapi pihak Pemkab Basel sudah menerima surat pemberitahuan yang isinya menyampaikan bahwa  PT Timah Tbk akan melakukan penambangan.

"Tetapi saya bersama pak Kapolres, pak Dandim terus berkomunikasi dengan pihak pemberi izin kira-kira bisa dievaluasi ulang tidak terkait penambangan ini," terangnya.

BACA JUGA:Ratusan Nelayan Toboali Geruduk Kantor Bupati

Karena nelayan menyampaikan aspirasi menolak tambang, pihaknya akan sebisa mungkin menyampaikan ini ke Pemprov maupun pemerintah pusat.

"Teman-teman penambang pun sudah saya minta terkait kelengkapan dokumen izin penambangannya oleh PT Timah Tbk, tetapi dokumen tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh teman-teman nelayan," tuturnya.

BACA JUGA:20 Kapal Nelayan Batu Perahu Kepung Tambang PIP di Rias

Karenanya pada Selasa (30/5), pihaknya akan melaksanakan audiensi terbuka di kantor bupati dengan mengundang pak Kapolres, pak Dandim, PT Timah Tbk, DKP Provinsi, untuk mencari solusi terbaik terkait tuntutan para nelayan.

"Besok sekitar pukul 08.00 kita akan adakan audiensi terbuka di kantor Bupati dengan mengundang pihak pihak terkait," ucapnya.

BACA JUGA:Soal Dugaan Perusakan PIP, Kapolres: Febri Tak Terbukti

Bupati Riza menegaskan, jika legalitas izin penambangannya jelas maka, Pemkab Basel sebagai daerah lokasi tidak bisa bertindak dan memutuskan. "Tetapi aspirasi ini yang akan kita bawa ke pemberi kebijakan."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: