Awas Kolesterol Naik Saat Lebaran, Ini 3 Cara Mencegahnya

Awas Kolesterol Naik Saat Lebaran, Ini 3 Cara Mencegahnya

Ilustrasi -- disway.id

BABELPOS.ID - Saat lebaran hampir setiap rumah menyediakan makanan enak. Rendang, opor, soto, sambal hati dan sebagainya begitu menggugah selera.

Namun demikian anda harus mengontrol makanan yang masuk ke tubuh. Jangan sampai karena sebulan berpuasa, lalu ketemu makanan lezat, anda jadi lupa diri dan melahap semuanya.

Ingat, jika dikonsumsi berlebihan makanan-makanan lezat yang disajikan saat lebaran bisa menyebabkan naiknya kolesterol.

Kolesterol tinggi selalu jadi masalah umum yang dialami banyak orang setelah lebaran 

Seperti diketahui kolesterol bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai gangguan kesehatan yang serius, seperti serangan jantung, penyakit jantung koroner, dan stroke.

Lalu, bagaimana cara mengatasi kolesterol tinggi?

Coba 3 cara ini:

1. Kurangi makanan berlemak

Lebaran identik dengan makanan berlemak, meski lezat, konsumsi makanan tinggi lemak secara berlebihan bisa jadi satu penyebab utama meningkatnya kadar kolesterol.

Jadi untuk cegah kolesterol naik, sebaiknya kurangi konsumsi makanan berlemak, seperti makanan bersantan dan makanan yang digoreng.

2. Konsumsi makanan tinggi serat larut

Cobalah selingi hidangan khas Lebaran dengan berbagai makanan tinggi serat 

Adapun beberapa makanan tinggi serat larut yang dapat kamu konsumsi saat Lebaran adalah buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan oatmeal.

3. Tetap berolahraga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id