Blue Ocean Strategi BTK Mart Sebagai Trendsetter di Tanjungpandan Belitung
Andi Jaenuri --
Strategi bisnis yang dilakukan oleh BTK Mart yang pertama adalah kembangkan (raise), dengan keunggulan sebagai trendsetter pertama di tanjungpandan menjadikan peluang besar bagi BTK Mart sebagai retails modern daerah untuk menjadi trendsetter untuk mengembangkan di daerah lainnya.
Strategi bisnis yang kedua dikembangkan BTK Mart adalah kurangi (reduse) artinya BTK Mart menjual produk-produk yang di butuhkan oleh konsumen sesuai dengan permintaan pasar, tidak menyediakan stok barang yang berlebihan yang kan mengakibatkan overload persedian barang.
Strategi bisnis yang ketiga yang dilakukan oleh BTK Mart adalah singkirkan (eliminate) artinya apabila tidak ada permintaan dari konsumen akan barang tersebut, BTK Mart tidak akan menyediakan barang tersebut yang mengakibatkan mubazir (sia-sia).
Strategi yang keempat adalah menciptakan (create). Sebagai terobosan baru agar BTK Mart semakin dikenang oleh masyarakat, BTK Mart akan menghadirkan nuansa baru untuk memanjakan konsumen untuk berbelanja di BTK Mart, sebagai contoh : meyediakan ruang bermain anak di area tempat belanja.
Dengan melakukan Blue Ocean Strategy yang dijalankan BTK Mart Tanjungpandan terbukti mampu memberikan nilai dan manfaat lebih bagi konsumen untuk semua kalangan serta diterima oleh Masyarakat luas. (*)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: