Blue Ocean Strategi BTK Mart Sebagai Trendsetter di Tanjungpandan Belitung

Blue Ocean Strategi BTK Mart Sebagai Trendsetter di Tanjungpandan Belitung

Andi Jaenuri --

Oleh: Andi Jaenuri

Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Bangka Belitung

RETAIL merupakan Aktifitas bisnis yang berusaha memasarkan produk barang atau jasa kepada konsumen tingkat akhir. Barang tersebut dipakai untuk pribadi atau kebutuhan rumah tangga (Menurut Barry R. Berman dan Joel R. Evans).

Maraknya bisnis retail modern di Indonesia khusunya Tanjungpandan Kabupaten Belitung, BTK Mart menjadi salah satu alternatif bagi konsumen untuk memenuhi kebutuhan pribati/rumah tangga maupun permintaan pasar.

Berbekal kemauan yang kuat untuk melakukan perubahan bisnis, Trie Nuzik Giyanto, S. Kom selaku CEO PT. Bersinar Tetap Keabadian (BTK) di Tahun 2015 tepatnya tanggal 16 Januari menghadirkan konsep retail modern daerah di Tanjungpandan Kabupaten Belitung.

Pada awal pendirian BTK mart proges tidak terlalu signifikan dikarenakan terkendala pembelian barang yang belum tau pemetaan class baik yang slow maupun fast sehingga mengalami overload barang.

Seiring berjalannya waktu akan perkembangan BTK Mart dari tahun ketahun jumlah personil yang awalnya 11 orang sekarang sudah ada 35 orang personil yang siap memberikan pelayan terbaik kepada konsumen di Gedung BTK mart yang luasnya 4 kali lipat dari luas sebelumnya.

Untuk menekankan perusahaan agar tidak memenangkan persaingan dengan cara melakukan strategi head to head dengan pesaing, biasa disebut dengan Strategi Blue Ocean dikemukan oleh W. Han Kim dan Renee Mauborgne ini diberlakukan pula oleh BTK Mart Tanjungpandan Belitung.

Sebagai Trendsetter retail modern daerah di Pulau Belitung, BTK Mart menghadirkan one stop shoping sebuah konsep menjadikan mart serba lengkap dan kompetitif dalam artian apa yang dibutuhkan oleh konsumen semua tersedia disini dengan harga terjangkau, keys performance indikator (KPI) karyawan menjadikan modal utama akan kenyamanan konsumen dalam berbelanja, luas area dan suasana parkir sebagai rujukan konsumen berbelanja apabila mengunakan kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat serta produk brand berkualitas dengan mendatangkan barang komoditi yang belum ada di Belitung seperti meja marmer dan barang bermerk branded berkualitas juga dihadirkan di BTK Mart Tanjungpandan.

BTK Mart melakukan Blue Ocean Strategy untuk melepaskan dan menghindari dari kondisi Red Ocean dengan adanya persaingan sangat ketat untuk mendapatkan pasar yang sama dengan competitor dalam penjualan dan pembelian kebutuhan konsumen pribadi dan rumah tangga serta permintaan pasar yang bisa jadi menimbulkan persaingan dengan competitor menjadi ketat dan saling menjatuhkan.

Dengan slogan Easy, Happy, Smile menjadikan slogan yang selalu diingat oleh konsumen di Tanjungpandan dan sekitarnya bahkan di luar Tanjungpandan. Kreativitas dan inovasi manajemen BTK Mart menjadikan slogan tersebut sebuah filosofi yang mempunyai makna luar biasa bagi konsumen mudah belanja, dengan hati yang riang pulang dengan senyuman.

Selain membutuhkan biaya yang cukup dalam implementasinya, tidaklah mudah bagi BTK Mart untuk mengimplementasikan Blue Ocean Strategy karena dibutuhkan kreativitas dan kecerdasan manajemen dalam melihat pasar.

Sebagai pelaku bisnis, BTK Mart pastinya memperhitungkan finansial untuk bisnisnya menjadi lebih baik dengan melakukan promosi mandiri melalui media masa mulai dari facebook, instragram, whatapps, serta iklan.

Dalam menghadapi persaingan BTK Mart mengembangkan Blue Ocean Strategy, dengan menerapkan strategi bisnis antara lain kembangkan (raise), kurangi (reduse), singkirkan (eliminate), ciptakan (create)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: