Tahun 2023 Desa Rias, Pergam dan Tanjung Sangkar Dibangun Saluran Irigasi

Tahun 2023 Desa Rias, Pergam dan Tanjung Sangkar Dibangun Saluran Irigasi

Risvandika--

BABELPOS.ID, TOBOALI - Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan (DPPP) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) pada tahun 2023 berencana membangun saluran irigasi.

"Mengingat tahun 2023 ini Kabupaten Basel tidak akan mencetak sawah lagi, fokus pada pelengkap sarana dan prasarana salah satunya pembangunan saluran irigasi," kata Plt Kepala Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan Basel, Risvandika.

Pembangunan ini menurutnya bersumber dari dana DAK 2023. Pusat irigasi dibangun di persawahan di Desa Tanjung Sangkar Kecamatan Lepar.

"Pengerjaannya dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU), dana yang digunakan sebesar 6 miliar," ungkapnya, Senin (06/03).

BACA JUGA:Tinjau Sawah Desa Rias, Dandim Berharap Jadi Lumbung Beras Bangka Belitung

Sementara untuk irigasi persawahan Desa Serdang dan Pergam dibiayai  menggunakan anggaran bantuan dari provinsi.

"Ada juga perbaikan persawahan di Desa Rias dikerjakan langsung oleh Kementerian Pertanian di embung Metukul dan embung Pungpung," terangnya.

Dikatakan Risvandika, pembangunan ini bukan hanya irigasi saja, tapi ada juga perbaikan pintu irigasi dan pembuatan saluran.

"Tidak semuanya kita bangun irigasi, tapi ada beberapa yang kita perbaiki juga bagian-bagian yang rusak," ucapnya.

BACA JUGA:Pemkab Basel Tak Cetak Sawah Tahun 2023, Ini Alasannya

Pembangunan saluran irigasi ini bertujuan meningkatkan produksifitas serta kualitas padi yang pada akhirnya meninggalkan kesejahteraan petani.

"Jadi pembangunan sarpras ini bisa meningkatkan produksi serta Kabupaten Basel menjadi lumbung beras bagi Provinsi Bangka Belitung," tandasnya. (*)

BACA JUGA:Produktif, Segini Hasil Sawah di Namang Per Hektar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: