Satlantas Polresta Pangkalpinang Sidak ke SMKN 2 Pangkalpinang, Amankan 15 Unit Knalpot Brong Milik Siswa

Satlantas Polresta Pangkalpinang Sidak ke SMKN 2 Pangkalpinang, Amankan 15 Unit Knalpot Brong Milik Siswa

--

PANGKALPINANG, BABELPOS.ID - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Pangkalpinang melakukan inspeksi mendadak ke SMK Negeri 2 Pangkalpinang, Kamis (16/2/2023). 

Sidak yang dipimpin langsung Kasat Lantas Polresta Pangkalpinang AKP Andi Eko Wardana ini sebagai tindaklanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak sekolah terkait ketertiban lalu lintas. 

Alhasil, dalam sidak ini personel Polresta Pangkalpinang menemukan sebanyak 15 unit kendaraan bermotor roda dua milik siswa yang menggunakan knalpot Brong yang terparkir dihalaman sekolah. 

Selanjutnya, siswa yang menggunakan knalpot Brong tersebut diminta untuk melepaskan knalpot brong tersebut untuk digantikan dengan knalpot standart. Sementara belasan knalpot brong yang disita tersebut dikumpulkan untuk diamankan di Mapolresta Pangkalpinang. 

"Jadi awalnya kita sudah sosialiasi sekaligus memberikan edukasi kepada para siswa terkait larangan penggunaan knalpot brong. Ini tindaklanjut dari MoU dengan pihak sekolah. Jadi bagi siswa yang kedapatan menggunakan knalpot brong, kita berikan tindakan," ujar Andi kepada Babel Pos usai sidak. 

"Kita minta mereka melepas sendiri, selanjutnya knalpot brongnya kita sita agar tidak digunakan lagi," sambungnya. 

Andi mengatakan, sidak knalpot brong ini tidak hanya dilakukan di SMKN 2 Pangkalpinang saja, namun pihaknya juga akan mendatangi sekolah lainnya yang ada di Kota Pangkalpinang. 

"Kegiatan ini tujuannya untuk meminimalisir pemakaian knalpot brong oleh para pelajar. Nanti kita akan datangi sekolah yang siswanya membawa motor ke sekolah apakah itu tingkat SMA/SMK atau pun SMP yang ada di Pangkalpinang," tegasnya. 

Sementara itu, Wakil Kepala Humas SMKN 2 Pangkalpinang, Nono mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Satlantas Polresta Pangkalpinang. Pihak sekolah, katanya, juga berkomitmen untuk ikut serta dalam melakukan sosialisasi tertib lalu lintas kepada para  siswa. 

"Kita akan bantu sosialiasi kepada siswa. Jujur, knalpot brong ini memang mengganggu, suaranya bising. Kedepan bagi siswa yang bawa motor ke sekolah yang tak membawa helm atau pun motornya menggunakan knalpot brong, tidak kita izinkan masuk," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: