Bawaslu Pangkalpinang Gelar Konsolidasi Pengawasan Tahapan Pemilu 2024

Bawaslu Pangkalpinang Gelar Konsolidasi Pengawasan Tahapan Pemilu 2024

--

BACA JUGA: Informasi Pejabat Kemendagri untuk Guru Lulus PG, Meski Tanpa Formasi, Punya Harapan

Kemudian narasumber lainnya Dosen Fakultas Hukum UBB Dr Faisal menyampaikan materi terkait konsolidasi dan strategi pengawasan pemilu serentak tahun 2024 dan Anggota KPU Kota Pangkalpinang Ruslan. 

Dalam kesempatan ini, Dosen Fakultas Hukum UBB Dr Faisal menyambut baik sekaligus memberikan apresiasi terhadap Bawaslu Kota Pangkalpinang yang terus menguatkan kinerja sumber daya manusia (SDM) melalui konsolidasi. 

"Bawaslu Kota Pangkalpinang ini adalah Bawaslu yang kece, karena saya mengikuti sosial medianya, sangat uptodate, sangat informatif dan dia mampu mengajak partisipasi masyarakat yang kemudian tergerak kesadarannya untuk senantiasa membangun pengawasan demokrasi kepemiluan, bersama rakyat mengawasi pemilu," kata Faisal. 

BACA JUGA: Selamat Berjuang! 8 Pebulutangkis Babel Tampil di Kejurnas PP PBSI

Menurut Faisal, pada dasarnya kegiatan konsolidasi ini merupakan  kegiatan regular,  yang mana seluruh Bawaslu di wilayah juga melaksanakannya.

Akan tetapi, kali ini dia berharap pengawas pemilu di level kecamatan mampu berakselerasi bahwa menjadi pengawas tidaklah mudah dan harus memiliki mindsite. 

"Ya pertama dikonsolidasikan gagasannya, mindsitenya adalah mencegah jauh lebih baik dari pada menindak. Tapi bukan berarti menindak tidak boleh, karena menindak adalah sesuatu yang sudah terjadi akibatnya, baru kemudian kita harus turun.

BACA JUGA: Mitra KIP PT Timah Tbk Salurkan Bansos ke 51 Warga Bakit

Tapi yang paling penting adalah kesadaran masyarakat agar kemudian melihat proses demokrasi kepemiluan kedepannya dapat berjalan sesuai prosedurnya.

Semoga panwascam nya bisa mengawasi secara partisipatif dan bisa mengkonsolidasikan gagasan pengawasan yang membangun demokrasi dan kapasitas negara," harap Faisal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: