Bawaslu Pangkalpinang Gelar Konsolidasi Pengawasan Tahapan Pemilu 2024

Bawaslu Pangkalpinang Gelar Konsolidasi Pengawasan Tahapan Pemilu 2024

--

PANGKALPINANG - Bawaslu Kota Pangkalpinang menggelar konsolidasi pengawasan tahapan pemilu dan pengawas Ad-Hoc pada pemilu serentak 2024 di Sun Hotel Pangkalpinang, Sabtu (10/12/2022). 

Kegiatan yang dihadiri seluruh Panwascam se-Kota Pangkalpinang ini dibuka secara resmi oleh Ketua Bawaslu Kota Pangkalpinang, Ida Kumala

BACA JUGA: Kritik KUHP Baru, Hikmahanto Juwana: Usir Kepala Perwakilan PBB dari Indonesia

Ida menyebut, konsolidasi ini dilakukan sebagai salah satu kegiatan untuk persiapan dalam mengawasi tahapan-tahapan Pemilu  2024 mendatang. 

"Lewat konsolidasi ini kami ingin memantapkan sekaligus menguatkan kinerja kami untuk melaksanakan kegiatan di awal tahun 2023 mendatang," ujar Ida kepada Babel Pos usai kegiatan. 

Ida menyebut, dalam konsolidasi ini ada beberapa hal yang ingin ditekankan kepada jajaran diantaranya masalah pengelolaan keuangan dan terkait persiapan Bawaslu Kota Pangkalpinang dalam merekrut panwaslu kelurahan yang akan dilaksanakan pada Januari dan Februari 2023 mendatang. 

BACA JUGA: Warning dari BMKG untuk Seluruh Daerah, Desember Puncak Hujan

"Sehingga dengan adanya konsolidasi ini mereka sudah bisa memetakan dan menginformasikan serta mensosialiasikan bahwa kami nanti ada pembentukan ad-hoc tingkat kelurahan sebagai kewenangan dari panwascam, karena panwas kelurahan ini memang kewenangan panwascam, kami hanya monev dan supervisi," jelas Ida. 

Untuk itu, dikatakan Ida, pihaknya akan terus menguatkan konsolidasi ditingkat internal supaya dalam pengawasan tahapan pemilu 2024 nanti bisa berjalan secara optimal. 

"Makanya dengan adanya konsolidasi ini harapannya supaya mereka paham tupoksi dan mereka juga lebih banyak membaca aturan-aturan dan yang pastinya mereka siap untuk melaksanakan tugas," pinta Ida. 

BACA JUGA: Top Skor Piala Dunia 2022 Qatar, Messi Hantui Mbappe

Menurut Ida, saat ini pemahaman panwascam akan tugas dan fungsinya sudah cukup baik. Terbukti, saat terjun  kelapangan melakukan verifikasi faktual anggota parpol, para panwascam cukup memahami tugasnya. 

"Artinya, tugas mereka sudah dilaksankan cukup baik, meski begitu kedepan kita akan terus memberikan pemahaman-pemahaman yang luar biasa disaat kita akan melaksanakan tahapan-tahapan pemilu selanjutnya. Karena di 2023 ini akan banyak tahapan seperti pemutakhiran data pemilih, kemudian verifikasi faktual data dukungan calon perseorangan atau DPD dan banyak lagi kegiatan lainnya yang juga akan melibatkan panwascam," tegas Ida. 

Sementara itu, dalam konsolidasi ini, Bawaslu Kota Pangkalpinang menghadirkan beberapa narasumber yakni Koordinator Sekretariat Bawaslu Kota Pangkalpinang Marini yang menyampaikan materi terkait tata kerja kesekretariatan pengawas pemilu dan Peraturan Bawaslu Nomor 3 Tahun 2022 tentang tata kerja dan pola hubungan pengawas pemilihan umum. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: