Layanan Pasporisasi Masih Terbatas, WNI di Arab Saudi Curhat ke Puan Maharani

Layanan Pasporisasi Masih Terbatas, WNI di Arab Saudi Curhat ke Puan Maharani

--

KETUA DPR RI Puan Maharani dikenal sebagai figur yang memiliki perhatian tinggi terhadap masyarakat tanah air, tak terkecuali bagi warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri. Tak heran, saat Puan melawat ke Arab Saudi, Selasa (7/12) lalu, sejumlah WNI mengadu soal layanan pasporisasi yang dinilai masih terbatas. 

Cucu Proklamator RI Bung Karno itu pun mendengarkan curhatan para WNI dengan seksama. Puan mengaku siap mendukung jika Kemenkumham dan KJRI Jeddah ingin memperpanjang program pasporisasi.

BACA JUGA: Puan Maharani Terus Upayakan Hak WNI di Qatar Terpenuhi

Dalam kesempatan tersebut, Puan turut mengingatkan pentingnya paspor bagi para WNI. Dia mengatakan paspor bukan sekadar dokumen identitas, tapi juga menunjukkan bukti cinta terhadap tanah air.

"Ini penting, bukan hanya untuk berobat, buka rekening koran, bisa kirim uang. Tapi, juga menunjukkan bapak ibu tetap orang Indonesia," ucap Puan dalam sambutannya di acara silaturahmi sekaligus penyerahan simbolis paspor kepada para WNI usai mengecek layanan pasporisasi WNI overstay di KJRI Jeddah, Selasa (7/12/2022).

"Bisa memudahkan bapak ibu kembali ke Indonesia sehingga tidak tercabut akarnya," sambung Puan..

BACA JUGA: Puan Maharani Ajak Negara ASEAN Bantu Pulihkan Stabilitas Myanmar

Puan kemudian memuji layanan pasporisasi bagi WNI overstay ini. Namun, dia menilai ada sejumlah hal yang perlu diperbaiki. Salah satunya adalah masa tunggu atau janji temu untuk bisa mengurus dokumen.

"Sudah cukup baik, hanya kemudian, kapasitasnya yang menurut saya masih sangat minim. Iya nggak bapak ibu?" ujar Puan yang dijawab iya oleh para WNI yang hadir.

"Tadi saya tanya janji temunya 1 bulan, 1,5 bulan saya 2 bulan, iya kan? Maksimal layanannya cuma 300 orang (per hari) dengan itupun sudah dengan mengirimkan SDM dari Indonesia. Itupun sudah overtime, Pak Konjen katakan tadi jam kerja sampai jam 5 (sore), tapi untuk bisa berikan layanan terbaik sampai jam 7, jam 8, jam 9 (malam), itupun belum maksimal," ujar Puan.

BACA JUGA: Raih Gelar Doktor Honoris Causa di Korsel, Puan Maharani Jadi Inspirasi Perempuan RI

Puan mengatakan hal tersebut menjadi evaluasi bersama. Sebagai Ketua DPR, kata Puan, dirinya ikut bertanggung jawab untuk mendukung pasporisasi menjadi lebih baik.

"Saya sebagai Ketua DPR juga memiliki tanggung jawab, untuk bisa mendorong dan memberi dukungan," ucapnya.

Puan juga mengatakan dirinya mendapat curhat dari WNI yang overstay agar harga layanan paspor lebih murah. Puan mengaku bakal memikirkan cara agar hal tersebut bisa terwujud. Puan juga berjanji mendukung pasporisasi diperpanjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: