Gerak Cepat, PT TIMAH Tbk Serahkan Bantuan Bahan Material untuk Korban Bencana Puting Beliung di Desa Penagan

Gerak Cepat, PT TIMAH Tbk Serahkan Bantuan Bahan Material untuk Korban Bencana Puting Beliung di Desa Penagan

--

BANGKA - Puluhan rumah di Desa Penagan rusak akibat diterjang angin puting beliung pada Rabu (26/10/2022) dini hari. Bencana ini terjadi  di Dusun 1, 2, 4 dan 7 Desa Penagan. 

Untuk membantu penanganan bencana puting beliung di Desa Penagan, PT TIMAH Tbk  menerjunkan tim Emergency Response Group (ERG) untuk mendata dan menyalurkan bantuan berupa aseng dan asbes kepada masyarakat yang terdampak bencana angin puting beliung pada Rabu (26/10/2022). 

BACA JUGA: PT TIMAH Tbk Raih Penghargaan ESG Disclosure Awards 2022

Kepala Desa Penagan, Ismail As’an mengatakan, pihaknya tidak menyangka bantuan datang dari PT TIMAH Tbk begitu cepat. Padahal sebelumnya mereka tidak memberikan informasi kepada PT TIMAH Tbk musibah yang menyerang warga mereka. 

Pihaknya semakin bersyukur pasalnya bantuan yang dibawa PT TIMAH Tbk berupa material bangunan yang memang dibutuhkan warga mereka. 

“Kami tidak ada menghubungi pihak PT Timah untuk meminta bantuan. Dan saya juga sempat kaget ketika ada rombongan dari PT Timah Tbk datang menemui saya tadi. Aksi yang dilakukan oleh PT Timah ini sangat luar biasa bagi kami, karena jarang-jaranglah ada perusahan ataupun instansi memberikan bantuan secara langsung, dimana hari ini terjadi musibah dan pada hari itu juga bantuan langsung disalurkan," katanya. 

BACA JUGA: Pemberdayaan Masyarakat Adat, PT Timah Tbk Boyong Lembaga Adat Mapur Study Banding ke Baduy

Pihaknya mengapresiasi respon cepat PT TIMAH Tbk yang dengan sigap membantu masyarakat yang terdampak bencana puting beliung. Bantuan ini  langsung didistribusikan ke rumah  warga yang terdampak. 

"Dan ini membuat kami sangat kagum akan langkah yang dilakukan oleh PT TIMAH Tbk” ujarnya. 

Menurut Ismail, Desa Penagan merupakan wilayah langganan angin puting beliung, namun dengan kerapnya musibah yang menimpa warganya tersebut, tak banyak yang dapat dilakukan Ismail untuk melindungi warganya dari terjangan angin putting beliung.

BACA JUGA: PT Timah Tbk Cari Mitra Binaan Inovatif, Yuk Kepoin Syarat dan Ketentuannya

Menurutnya, upaya yang dilakukan saat ini untuk mencegah dampak yang lebih parah dari bencana puting yang kerap terjadi di Desa mereka dengan mengimbau warga untuk menebang pohon di dekat rumah. Sehingga jika ada angin puting beliung tidak menyebabkan kerusakan yang parah. 

“Ada beberapa dusun yang terdampak, yang paling parah itu ada di dusun 2 dan dusun 4. dimana salah satu rumah warga kami yang bernama Pak Yusuf ini mengalami kerusakan yang paling parah, kemudian rumah Pak Edi," katanya. 

Ismail berharap  PT TIMAH Tbk akan terus memberikan perhatian kepada warganya yang terdampak musibah. Karena dengan adanya batuan dari PT TIMAH Tbk ini sangat membantu masyarakatnya. Ia berharap hal serupa juga akan  dilakukan perusahaan lainnya untuk membantu warganya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: