Libatkan Awak Media, Bawaslu Babar Sosialisasikan Cegah Pelanggaran Pemilu

Libatkan Awak Media, Bawaslu Babar Sosialisasikan Cegah Pelanggaran Pemilu

Sosialisasi pengawasan pemilu kepala awak media dan guru yang digelar Bawaslu Babar.--

BABELPOS.ID, MUNTOK - Bawaslu Kabupaten Bangka menggelar sosialisasi fasilitasi dan pembinaan penanganan pelanggaran pada pemilu serentah tahun 2024, di Gedung KWP Muntok, Selasa (27/9/22).

Kali ini Bawaslu, mengundang para awak media, guru PAUD, dan alumni sekolah kader pengawas partisipatif Kabupaten Bangka Barat.

BACA JUGA:Bawaslu Bateng Berikan Sosialisasi Pengawasan di SLBN Koba

Ketua Bawaslu Bangka Barat, Rio Febri Fahlevi, mengatakan kegiatan ini gelar untuk mengetahui bagaimana tata cara  menghadapi pengawalan tahapan pemilu.

"Pentingnya kegiatan ini adalah bagaimana tata cara mengahadapi tahapan pemilu, bagaimana proses pengawalnya, yang diketahui saat ini sudah masuk tahapan verifikasi administrasi faktual pemilu," ujar Rio.

BACA JUGA:Usai Dilantik, Tiga Komisioner Bawaslu Babel Terpilih Langsung Kerja

Rio juga menyatakan interaksi antara pelaku demokrasi dengan masyarakat saat ini tidak langsung bersentuhan, namun memanfaatkan ranah digital.

Mengenai hal itu, pihaknya telah menyebarkan surat himbauan keseluruhan stakeholder dan meminta mengisi laman  https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik untuk mengecek apakah data masyarakat itu dicatut atau tidak menjadi peserta pemilu.

BACA JUGA:Timsel Umumkan 12 Nama Calon Anggota Bawaslu Babel

"Era Demokrasi sudah bergeser, demokrasi dalam faktanya untuk saat ini dengan menggiring opini menyebar ujar kebencian, menyebar berita hoax," ucapnya. 

Diketahui dari data yang dicatat oleh Bawaslu Bangka Barat ada 54 orang di Bangka Barat dicatut partai politik yang kebanyakan PHL di Rumah Sakit Umum Daerah Sejiran Setason. (**)

BACA JUGA:Bawaslu Babel Uji Petik Daftar Pemilih Berkelanjutan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: