Simpan Potensi Wisata Masa Depan, Pulau Nangka Masih Kurang Perhatian

Simpan Potensi Wisata Masa Depan, Pulau Nangka Masih Kurang Perhatian

Pesona Pulau Nangka yang menyimpan potensi wisata.--

BABELPOS.ID, SUNGAISELAN - Salah satu pulau yang memiliki potensi wisata di Bangka Tengah adalah Pulau Nangka, Kecamatan SUNGAISELAN yang menawarkan keindahan alam dengan landmark pasir putih yang menakjubkan.

Bahkan, Pulau Nangka diketahui sudah ramai disinggahi para pengunjung yang hendak pergi berlibur. Namun sayangnya, potensi yang sangat besar itu tidak diiringi dengan dukungan maksimal dari pemerintah setempat, yang mana di Pulau Nangka ini sudah memiliki penghuni lebih dari seratus KK (Kartu Keluarga). 

BACA JUGA:Berdiri 2014 Silam, Akses Jalan Wisata Tampi BTP Mesu Belum Teraspal

Tak hanya menawarkan keindahan laut pantai yang biru dan tenang, pulau yang banyak ditanami oleh pohon cengkeh ini juga memiliki warisan budaya berupa makam Datuk Jafar Sidiq yang konon merupakan tetua sekaligus penjaga Pulau Nangka terdahulu, sehingga menjadikan Pulau Nangka semakin menarik untuk dikunjungi dan sudah memiliki sejumlah fasilitas.

Salah satu pantai di Pulau Nangka, yakni Pantai Perigi Kapal terdapat dua bangunan sejenis penginapan yang biasanya memang disewakan bagi wisatawan yang ingin bermalam.

BACA JUGA:Imbas BBM Naik, Pengunjung Wisata TAMPI BTP Menurun

Namun sayangnya, di Pulau Nangka belum memiliki dermaga sebagai tempat bersandar kapal ataupun perahu yang membuat sebagian besar pengunjung yang ingin berwisata harus pikir dua kali.

"Susah jika tidak ada dermaga, apalagi kalau air laut lagi surut. Otomatis banyak kapal yang kandas," ujar Dwi (45), salah seorang pengunjung pada Selasa (27/9/2022).

BACA JUGA:Perlu Kejelasan Zona Tambang, Wisata dan Tangkap, DKP Babel Serap Masukan Masyarakat Bateng

Tak hanya itu, para pengunjung juga harus pintar-pintar memperkirakan kapan air laut pasang.

"Kalau air surut, terpaksa kita harus berjalan menembus lumpur dan nginjak karang-karang yang tajam supaya bisa naik ke kapal," tuturnya.

BACA JUGA:Destinasi Wisata Gusung Berang-Berang Jadi Spot Pengibaran Bendera Merah Putih Oleh Lanal Babel

Sementara itu, Suwandi (42), salah seorang penduduk Pulau Nangka mengaku bahwa pada dasarnya Pulau Nangka sangat pas dijadikan sebagai tempat destinasi wisata.

Bahkan, dirinya yang berprofesi sebagai nelayan juga kerap dihubungi oleh para wisatawan yang ingin menyewa perahu miliknya untuk menyebrang ke Pulau Nangka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: