Inflasi Babel Masih 10 Besar Tertinggi

Inflasi Babel Masih 10 Besar Tertinggi

MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto- FOTO: Ilust babelpos.id-

MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan daftar 10 daerah yang menyumbang inflasi tertinggi pada Agustus 2022. 

Untuk teratas diduduki oleh Jambi (7,70%), Sumatera Barat (7,10), Kalimantan Tengah (6,94%), Maluku (6,66%), dan Papua (6,50%).

BACA JUGA: Prioritas Pengadaan ASN 2022, Nakes dan Guru

Urutan lima daerah berikutnya, Bali (6,39%), Kepulauan Bangka Belitung (6,37%), Aceh (6,33%), Sulawesi Tengah (6,16%), dan Kepulauan Riau (6,00%). "Ini adalah kelompok yang tinggi di atas, di atas nasional (inflasi). Kemarin seluruh daerah yang tertinggi dan terendah sudah diundang oleh bapak Presiden untuk diingatkan," jelas Airlangga, Airlangga dalam Rapat Koordinasi Pusat dan Daerah Pengendalian Inflasi Tahun 2022, Rabu (14/9/2022).

BACA JUGA: Azwar Anas Kini Tancap Gas

Dari ke 10 wilayah dengan penyumbang inflasi tertinggi tersebut, rata-rata komoditas yang menyebabkan kenaikan inflasinya dominan adalah bahan bakar rumah tangga.

BACA JUGA: Kunjungi Polres Pangkalpinang, Aslog Mabes Polri Cek Sarpras

Di 9 daerah penyebab kenaikan inflasi salah satunya ada bahan bakar rumah tangga, hanya 1 yakni Sumatera Barat yang tidak ada.

BACA JUGA: AKBP Budi Ingatkan Pedagang Tak Memainkan Harga Sembako Pasca Naiknya Harga BBM

Bahan bakar rumah tangga sendiri, mengutip dari berbagai sumber terdiri dari gas, LPG, listrik, hingga minyak tanah.

BACA JUGA: ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok Terapkan Pembayaran Tiket Non Tunai

Untuk wilayah Jambi, komoditas yang mengerek inflasinya adalah bahan bakar rumah tangga, beras, angkutan udara, ikan asin teri, emas perhiasan dan tarif listrik. Wilayah Sumatera Barat, rokok kretek filter, beras, rokok kretek, sabun detergen, dan telur ayam.

BACA JUGA: Toko Elektronik Nasional di Kawasan Pasar Muntok Terbakar

Kalimantan Tengah, sekolah menengah pertama, bahan bakar rumah tangga, beras, pelumas oli mesin, semangka. Maluku, kangkung, cabai rawit, bahan bakar rumah tangga, ikan bakar, dan sawi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: