Wujud Kepedulian Terhadap Pesantren, Puan Minta Sistem Belajar di Ponpes Dievaluasi

Wujud Kepedulian Terhadap Pesantren, Puan Minta Sistem Belajar di Ponpes Dievaluasi

--

BACA JUGA: Produk Mitra Binaan PT Timah Tbk Tampil di Expo UMKM G20 di Pulau Belitung

DPR pun meminta agar kasus kekerasan di Ponpes Gontor dapat diproses hukum secara adil dan transparan. Puan juga meminta seluruh pihak tunduk terhadap proses hukum yang sedang berjalan.

BACA JUGA: Mantan Kasatpol PP Bangka dan Kabid Ditahan Terkait Korupsi APD

“Kami menegaskan, DPR akan ikut mengawal persoalan ini hingga tuntas. Alat kelengkapan dewan (AKD) terkait juga akan ambil bagian bersama pemerintah dalam mengevaluasi sistem pendidikan di pesantren untuk mengantisipasi terulangnya kasus kekerasan,” ungkapnya.

BACA JUGA: Kasus Penimbun BBM Solar Terus Berlangsung, Polres Selidiki Keterlibatan SPBU Kampak

Puan pun menambahkan persoalan pendidikan sekolah berasrama perlu mendapat perhatian bersama. Masyarakat juga diharapkan ikut melakukan pengawasan agar sistem pendidikan di Indonesia bisa berjalan dengan baik.

BACA JUGA: Sebelum Tembak Brigadir J, Bharada E ke Toilet & Berdoa

“Tidak boleh lagi terjadi kekerasan di lembaga pendidikan, apakah itu pesantren ataupun lembaga pendidikan berasrama yang lain. Baik yang berlatar belakang agama ataupun tidak,” tegas Puan.

BACA JUGA: Satreskrim Polres Pangkalpinang Terus Buru Orangtua Pembuang Bayi di Semabung Baru

Lebih lanjut, Puan berharap agar kasus ini tidak menyudutkan peran pesantren. Ia menilai, kasus kekerasan tidak dapat digeneralisasi sebab sifatnya oknum yang melakukan.

BACA JUGA: Ayah Tiri dan Kakek Tiri Pelaku Rudapaksa Dua ABG Terancam 15 Tahun Penjara

“Pondok pesantren sejak dulu memiliki peran dan pengaruh signifikan dalam proses pembangunan berbangsa dan bernegara. Selama ini, pondok pesantren telah berkontribusi menciptakan sumber daya manusia unggul (SDM) yang penuh akhlak,” ujar Puan.

BACA JUGA: Tiga Pimpinan DPRD Babel Jadi Tersangka

“Jangan sampai satu kasus mencoreng nilai-nilai yang telah dibangun pondok pesantren untuk membantu membangun bangsa,” sambungnya.(red) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: