Hadiri Sembahyang Rebut, Bupati: Walau Beda Keyakinan, Tapi Harus Saling Menghargai

Hadiri Sembahyang Rebut, Bupati: Walau Beda Keyakinan, Tapi Harus Saling Menghargai

Bupati Sukirman saat memberikan sambutan --

SIMPANGTERITIP - Ratusan masyarakat Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memadati Kelenteng Bakti Mulia untuk merayakan sembahyang Rebut, Kamis (11/8/22) malam.

Acara pariwisata religius ini masih rutin dilakukan setiap tahunnya di Kabupaten Bangka Barat yang pada puncak ritual sembahyangnya ditutup acara membakar patung-patungan.

BACA JUGA: Ratusan Warga Desa Bukit Layang Berobat di Mobil Sehat PT Timah Tbk

Tepat pukul 00.00 WIB sesajen berupa buah-buahan, sayur-sayuran, kue, mie instan serta sembako lainnya akan dibagikan bahkan menjadi rebutan masyarakat sekitar.

BACA JUGA: Bangka Juara Teknologi Tepat Guna Inovasi

Dalam acara ini, Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat, H. Sukirman - Bong Ming Ming, didampingi oleh Kepala Diskominfo Bangka Barat, Arwendi juga turut menyempatkan hadir ke acara tradisi budaya masyarakat Tionghoa ini.

BACA JUGA: Gubuk Terbakar di Mentok, Dugaan Sementara Dibakar Penghuninya

Dalam pidatonya, H. Sukirman mengucapkan rasa syukurnya kepada yang Maha Kuasa, karena masyarakat khususnya di Bangka Barat dapat berkumpul kembali merayakan acara seperti ini.

Menurutnya, setiap tahun acara seperti ini harus diadakan, karena ini adalah tradisi.

"Sesuai semboyan kita Negeri Sejiran Setason artinya seperti ini lah tradisi kita di Bangka Barat, kita harus saling menghargai antar umat beragama, walau kita beda keyakinannya tapi tujuan kita sama untuk Bangka Barat maju, sejahtera dan bermartabat," sebut orang nomor satu di Bangka Barat.

Sementara itu, Bong Ming Ming mengatakan dirinya juga menghadiri tiga undangan acara perayaan sembahyang rebut ini yaitu di Kelenteng Tanjung Ular, Kelenteng Bakti Mulia Pelangas dan Keleteng Dusun Anyai desa Air Menduyung.

Bong Ming Ming, juga mengungkapkan rasa syukurnya karena pada tahun ini Bangka Barat sudah bisa mengadakan event-event yang mengundang banyak masyarakat.

"Alhamdulillah setelah berakhirnya pandemi Covid-19 banyak hal yang bisa kita lakukan. Tahun ini baru bisa berkumpul seperti ini, semoga momentum ini bisa membantu Dinas Pariwisata untuk pengembangan pariwisata kedepannya. Dan harapan kita semoga covid-19 tidak kembali lagi ke Kabupaten yang kita cintai ini," tuturnya. (Adv/amd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: