Ratusan Telur Penyu yang Ditetaskan di BIO PT Timah Tbk Berhasil Menetas

Ratusan Telur Penyu yang Ditetaskan di BIO PT Timah Tbk Berhasil Menetas

Akan Dilepaskan Kembali ke Laut 

BANGKA - Telur penyu atau tukik yang ditetaskan di Kawasan Bangka Island Outdoor (BIO) akhirnya menetas pada Minggu (31/7/2022). 

Anak-anak penyu ini keluar dari sarang setelah 54 hari berada di dalam sarang di Kawasan Pantai BIO yang dikelola PT Timah Tbk terletak di Desa Deniang, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka.

BACA JUGA: Perbanyak Populasi Cumi, PT Timah Tbk Kembali Lakukan Restocking Cumi-cumi

Sebelumnya, sebanyak 2.287 telur penyu ini dibuatkan sarang semi alami sebagai tempat penetasan telur penyu yang merupakan hasil sitaan Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Bangka Belitung pada Rabu (8/6/2022) lalu. 

BACA JUGA: Persatuan Sepak Bola Generasi Muda Kulur Terima Bantuan PT Timah Tbk

Upaya pembuatan tempat penetasan semi alami ini dilakukan oleh Alobi Foundation, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan, Ditpolairud Bangka Belitung dan PT Timah Tbk untuk menjaga kelestarian penyu. 

BACA JUGA: PT Timah Tbk Tanam 4600 Mangrove dan 46 Rumpon di Belo Laut

Ketua ALOBI Foundation, Langka Sani mengatakan, pihaknya bersama tim gabungan PT Timah Tbk, BKSDA Sumsel Babel dan ALOBI Foundation rutin melakukan pemantauan dan pemeriksaan sarang-sarang penyu ini agar terhindar dari predator. 

BACA JUGA: PT Timah Tbk Gelar Literasi bagi Guru di Wilayah Operasi

Langka menceritakan, pada Minggu (31/7/2022) malam mendapatkan kabar dari tim PT Timah Tbk diketahui beberapa sarang telur yang dibuat keluar anakan penyu. 

BACA JUGA: PT Timah Tbk Raih Penghargaan GRC & Performance Excellence Award 2022

"Kami langsung ke BIO setelah mendapatkan kabar sekitar pukul 22.00 WIB itu sudah ada 21 anak penyu yang keluar dari sarang.

BACA JUGA: 12 Tahun PT Timah Tbk Bersama Yayasan Ikebana Tanam Mangrove di Pesisir Pantai Rebo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: