Gara-gara Kepala OPD, Pj Gubernur Babel Ditegur Dewan

Gara-gara Kepala OPD, Pj Gubernur Babel Ditegur Dewan

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Penjabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung (Babel), Ridwan Djamaluddin untuk pertama kalinya mendapat teguran oleh Plt Ketua DPRD, Adet Mastur. Tepatnya di sidang paripurna yang berlangsung pada Jumat (29/7).

Teguran kepada RD-biasa Ridwan dikenal, dikarenakan sedikitnya pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dihadir di paripurna dengan agedan pengambilan keputusan atas Rancangan Perda tentang pertanggungjawaban APBD 2021.

BACA JUGA: Kasus 8,873 Ton Timah Ilegal, Jaksa Terima SPDP 3 Tersangka

Plt Ketua DPRD Babel Adet Mastur mengaku penting agenda paripurna ini dihadiri langsung oleh kepala OPD di lingkungan Pemprov Babel dikarenakan banyak catatan dan rekomendasi yang harus didengarkan oleh tiap pimpinan perangkat daerah.

BACA JUGA: Detik-Detik Brigadir J Tersungkur, Bharada E Ungkap Fakta Ini

"Barang tentu ada masukan anggota lewat fraksi, dengan kehadiran mereka, mestinya kan langsung tindaklanjuti, tindakan apa yang dilakukan dari rekomendasi yang disampaikan lisan dan tulisan, maksud kita hadir, bagaimana mau nindaklanjuti kalau ndak hadir,” sesalnya.

BACA JUGA: Penyelewengan Dana Kecelakaan Lion Air Jakarta-Pangkalpinang, 4 Petinggi ACT di Tahan

Rekomendasi yang disampaikan sebut Adet, agar dikemudian hari tidak terjadi lagi, misalkan serapan anggaran agar terserap sempurna. Dari apa yang disampaikan anggota dewan melalui fraksi juga merupakan evaluasi bagi OPD untuk program selanjutnya.

BACA JUGA: Pengacara Nekat Beberkan Ancaman Skuad Lama ke Brigadir Joshua

“Ada kegiatan yang perlu dievaluasi jangan sampai di tahun depan nggak capai target, kami anggap dengan banyaknya silpa tahun ini karena salah perencanaan, banyak yang tidak berjalan, masyarakat dirugikan menunggu pembangunan,” jelasnya.

BACA JUGA: Tegas! DPRD Babel Tolak Penghapusan Honorer

Menanggapi teguran tersebut, Pj Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin menjelaskan, bahwa ketidakhadiran beberapa OPD dalam paripurna ini dikarenakan menghadiri kegiatan di Belitung. 

BACA JUGA: PT Timah Tbk Gelar Literasi bagi Guru di Wilayah Operasi

Sebelumnya RD juta mengaku berterima kasih kepada tujuh fraksi DPRD yang telah menyetujui Raperda Pertanggungjawaban APBD 2021. "Memang banyak kepala OPD nggak hadir karena sebagian sudah di Belitung," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: