Pakar Ahli Geologi ITB Beri Kuliah Umum Tentang Pengembangan Potensi Geowisata di Fakultas Teknik UBB

Pakar Ahli Geologi ITB Beri Kuliah Umum Tentang Pengembangan Potensi Geowisata di Fakultas Teknik UBB

--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG –  Tim Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Inovasi (PPMI) Program Studi Teknik Geologi Institute Teknologi Bandung (ITB) melakukan kunjungan kerja dan kuliah umum “Menggali Potensi Geowisata Kepulauan Bangka Belitung” di Fakultas Teknik UBB Universitas Bangka Belitung (UBB), Jumat,(06/09/2024).

Selain di UBB, tim PPMI ITB juga melakukan sosialisasi yang sama di SMA Negeri 1 Kota Pangkalpinang.

 Kelompok Keahlian Paleontologi dan Geologi Kuanter Institute Teknologi Bandung, Prof.Aswan ditemui Babel Pos disela-sela kegiatan menjelaskan bahwa kuliah umum yang dilaksanakan ini merupakan langkah dalam mengintroduksi atau memperkenalkan potensi geosite menjadi geowisata khususnya di Pulau Bangka tersebut  untuk terus dapat dikembangkan.

Sehingga Bangka Belitung ini juga akan dapat terus dikenal hingga ke dunia internasional serta memberikan imbasnya dalam meningkatkan perekonomian maupun aspek-aspek positif lainnya.

BACA JUGA:Gebyar Cuci Gudang Bersama Honda Babel Cabang NSS Sungailiat

Dengan juga melibatkan peran serta pelajar dan mahasiswadi UBB, diharapkan ini dapat menjadi jembatan informasi terutama dimulai dari keluarga atau teman-teman terdekat hingga ke tingkat publik yang lebih meluas.

Menurutnya, dengan keikutsertaan para pelajar SMA  atau mahasiswa dalam kegiatan ini dapat memotivasi bagi para siswa untuk nanti terus melanjutkan studinya khusunya di prodi-prodi yang sifatnya ilmu kebumiaan, seperti geologi, pertambangan dan sebagainya.

BACA JUGA:Semarak HUT Ke-79 RI, Kelurahan Selindung Baru Menggelar Acara Jalan Sehat Seru (selindung Baru)

“Melalui upaya ini diharapkan teman-teman ini bisa semakin mendapatkan latarbelakang ilmu bahkan juga mengembangkan inovasi baru yang lebih baik dalam dunia pendidikan maupun dalam kehidupan sehari-hari di tengah-tengah masyarakat khususnya dalam aspek pengembangan geowisata secara resmi di Pulau Bangka,” ujarnya.

Ia juga mendorong peran pemerintah pusat hingga daerah sebagai pemangku kebijakan agar dapat lebih mendukung program-program penelitian seperti ini, karena apabila program geowisata ini berhasil mendatangkan atau meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pulau Bangka, maka juga akan berdampak kepada peningkatan pendapatan daerah maupun income bagi masyarakat pelaku usaha lokal, sehingga semua aspek juga bisa berkembang.

BACA JUGA:Ini Manfaat Mentimun untuk Kesehatan

”Dukungan ini sangat diperlukan termasuk juga dalam mencegah terjadinya konflik-konflik hutan lindung dan lain sebagainya. Untuk itu sekali lagi tolong ini bisa ditengahi, supaya aspek geowisata ini bisa terus berjalan sesuai koridor resminya dan saling mendukung,” ajaknya.

Aswan juga menyebut bahwa langkah pengembangan potensi geosite menjadi objek geowisata ini adalah untuk  persiapan jangka panjang.

Sehingga dalam hal ini juga harus melibatkan banyak pihak dari para penggiat wisata dan tidak bisa bergerak sendiri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: