Mahasiswa Unmuh Babel Sukses Laksanakan KKN Internasional di Thailand

Mahasiswa Unmuh Babel Sukses Laksanakan KKN Internasional di Thailand

--

BABELPOS.ID, THAILAND – Rektor Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (Unmuh Babel), Ir. Fadillah Sabri, S.T., M.Eng., IPM., bersama Kepala Kantor Urusan Internasional (KUIK), Zuriyat Ifada, S.E., M.M., Kepala LPPM Nurjanah, M.Pd., serta Pjs Sekretaris KUIK Haiyudi, S.Pd., M.Ed., turut hadir dalam acara penarikan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional yang diselenggarakan di Sekolah Sangkhom Islam Wittaya, Thailand.

BACA JUGA:Dugaan Tipikor Dana BOS, Ini Penjelasan Kejari Basel

Rektor Fadillah Sabri menyampaikan betapa pentingnya pengalaman internasional bagi mahasiswa dalam membentuk karakter pemimpin yang tangguh dan berdaya saing global.

"Harapannya pengalaman yang didapatkan oleh mahasiswa selama KKN Internasional ini bisa menjadi bekal berharga bagi mereka untuk menjadi pemimpin yang tangguh dan berprestasi, serta membawa harum nama kampus dan Indonesia di kancah internasional", ujarnya

BACA JUGA:Bobol Rumah Kosong, Karyawan Swasta di Pangkapinang Diringkus Buser Naga

Ia juga berharap agar ikatan kerjasama antara Unmuh Babel dan sekolah-sekolah di Thailand semakin kuat di masa depan, serta membuka peluang untuk mengadakan KKN Internasional di benua lain seperti Australia, Afrika, atau Eropa.

"KKN Internasional ini adalah salah satu wujud nyata dari visi internasionalisasi kampus Unmuh Babel, dengan melibatkan mahasiswa dalam program ini, kami berharap mereka tidak hanya memperoleh pengalaman akademis tetapi juga wawasan budaya yang luas, yang pada akhirnya akan memperkuat eksistensi Unmuh Babel di kancah internasional", imbuhnya.

BACA JUGA:Dukung Peningkatan Mutu Pendidikan Daerah, BRI Ajak Guru se Banyuwangi Pelatihan Numerisasai Metode Gasing

Seli, mahasiswi semester 6 Prodi PJKR Unmuh Babel, telah menyelesaikan kegiatan KKN Internasional di Provinsi Songkla, Thailand menceritakan pengalaman dan kesan mendalam baginya, terutama dalam memahami perbedaan sistem pendidikan juga budaya, antara Indonesia dan Thailand.

BACA JUGA:Cegah Stunting, Pj Ketua PKK Pangkalpinang Ajak Gemar Makan Ikan

“Suasana di sini sangat berbeda dengan Indonesia, baik dari segi sistem pendidikan maupun lingkungannya. Guru dan siswa di sini sangat welcome. Mereka sekolah full day hingga jam 5 sore, tetapi tetap merasa senang karena sistem pendidikan tidak hanya berfokus pada pembelajaran di kelas. Orang-orang di sini juga ramah dan taat beragama,” ujar Seli.

BACA JUGA:BPIP Pastikan Kesiapan Calon Paskibraka Makin Meningkat Jelang ke Ibu Kota Nusantara

Selama KKN, Seli telah menjalankan berbagai program, seperti mengajarkan bahasa, ilmu komputer, serta olahraga seperti senam bersama para siswa.

Senada dengan Seli, Sidik, mahasiswa prodi PJKR Unmuh Babel yang juga mengikuti KKN Internasional di Provinsi Yalla, Thailand, turut mengajarkan olahraga dan senam bedincak khas Bangka Belitung kepada para siswa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: