Merasakan Geliat Indonesia Sentris di Kepulauan Pongok

Merasakan Geliat Indonesia Sentris di Kepulauan Pongok

(Foto : Diskominfo Babel)--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - “Indonesia-Sentris”. Istilah yang dipopulerkan oleh Presiden Jokowi ini merupakan visi pembangunan yang tidak menganut perspektif Jawa-sentris.

Perubahan perspektif ini terlihat jelas dari kebijakannya dalam Nawa Cita poin ketiga, yaitu “Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.”

BACA JUGA:Kolaborasi Kemenkumham-Pemda Tingkatkan Kesadaran Hukum di Masyarakat

Melalui Indonesia-Centris Presiden Jokowi ingin mengajak masyarakat untuk meneguhkan semangat para pendiri bangsa, bahwa Indonesia itu bukan hanya Jakarta atau Pulau Jawa.

Tetapi, Indonesia adalah seluruh pelosok tanah air, dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote. 

Oleh karena itulah, Presiden mengatakan, pembangunan yang dilakukan harus terus Indonesia sentris yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat di seluruh pelosok nusantara. 

BACA JUGA:BRI Peduli Jaga Sungai Jaga Kehidupan, Edukasi Masyarakat Menjaga Kebersihan Sungai dan Hijaukan Lingkungan

Semangat Indonesia Centris itu juga bisa dirasakan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dikenal sebagai salah satu provinsi kepulauan Indonesia yang terdiri dari banyak pulau besar dan kecil, pemerataan pembangunan berdenyut di Bumi Serumpun Sebalai hingga ke salah satu ujung selatannya, di Kepulauan Pongok, Bangka Selatan.

BACA JUGA:Jelang Upacara HUT RI ke 79, Sebanyak 30 Calon Paskibraka di Basel Jalani Pemusatan Pelatihan

Kepulauan Pongok adalah sebuah kecamatan baru dimekarkan dari Kecamatan Lepar Pongok yang diresmikan pada tanggal 12 Juli 2012 oleh Bupati Bangka Selatan. 

Memiliki luas wilayah 89,67 km2, Kepulauan Pongok merupakan kecamatan yang terdiri dari dua pulau, dan secara administratif terbagi menjadi dua desa yaitu  Pongok dan Celagen.

BACA JUGA:Siap Pakai !! Sumur Bor Titik Pertama sasaran fisik TMMD ke 121 Kodim 0413/Bangka Siap Dialirkan

Secara geografis Kecamatan Kepulauan Pongok berbatasan dengan Selat Gaspar di sebelah utara dan timur, Laut Jawa di sebelah selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: