Merasakan Geliat Indonesia Sentris di Kepulauan Pongok

Merasakan Geliat Indonesia Sentris di Kepulauan Pongok

(Foto : Diskominfo Babel)--

Lokasi yang berbatasan dengan laut tersebut, menjadikan semua desa di Kecamatan Kepulauan Pongok merupakan desa pesisir.

Sektor Perikanan merupakan salah satu sektor utama dalam perekonomian dan menjadi kontributor terbesar terhadap PDRB-nya. Itulah karenanya sebagian besar penduduk di Kecamatan Kepulauan Pongok berprofesi sebagai nelayan.

BACA JUGA:Siap Pakai !! Sumur Bor Titik Pertama sasaran fisik TMMD ke 121 Kodim 0413/Bangka Siap Dialirkan

Pelra Menjembatani Mobilitas

Interkonektivitas diperlukan untuk membuka aksesibilitas suatu daerah menjadi lebih mudah dijangkau, sehingga dapat mengurangi disparitas harga-harga barang/logistik, meningkatkan produktivitas daerah dan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi.

Infrastruktur dan transportasi menjadi simpul konektivitas yang mampu mengikat dan merajut keberagaman identitas, hingga ke seluruh wilayah bahkan di daerah terdepan, pelosok, dan terpencil demi untuk memperkokoh keberagaman.

Untuk itu pembangunan infrastruktur transportasi di seluruh wilayah sangat diperlukan sebagai bentuk menjalankan amanah Indonesia Sentris.

BACA JUGA:BRI Peduli Jaga Sungai Jaga Kehidupan, Edukasi Masyarakat Menjaga Kebersihan Sungai dan Hijaukan Lingkungan

Bukti-bukti nyata Indonesia Sentris telah menyentuh wilayah Kepulauan Pongok sudah terasa, saat kita menuju ke daerah itu.

Menempuh perjalanan selama 4 jam dari Pelabuhan Penyeberangan Sadai, Bangka Selatan, Kapal KM Banawa Nusantara yang merupakan bantuan kapal Pelayaran Rakyat (Pelra) dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, siap membawa kita.

KM Banawa Nusantara merupakan salah satu dari sekian kapal yang menghubungkan antarwilayah kepulauan, yakni Kecamatan Kepulauan Pongok dan Kecamatan Lepar.

Kapal ini juga sebagai upaya pemerintah untuk mobilitas penduduk, distribusi barang, dan mendukung akses potensi wisata di pulau itu. 

BACA JUGA:Jelang Upacara HUT RI ke 79, Sebanyak 30 Calon Paskibraka di Basel Jalani Pemusatan Pelatihan

Sesampainya di Pongok, masyarakat menyambut dengan penuh keramahan dan keceriaan di ujung dermaga.

Dermaga untuk kebutuhan sandar kapal itu, digunakan masyarakat untuk berbagai aktivitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: