Ini Jurus Industri Perdagangan berjangka Komoditi Tingkatkan Kompetensi SDM

Ini Jurus Industri Perdagangan berjangka Komoditi Tingkatkan Kompetensi SDM

Zoom P4WPB BKDI--Foto: ist

BABELPOS.ID - Industri Perdagangan Berjangka Komoditi memiliki potensi besar untuk berkembang, dan hal ini memerlukan sumber daya manusia yang berkompentensi. 

Untuk itu, Program Pelatihan Peningkatan Profesi Wakil Pialang Berjangka (P4WPB) menjadi hal yang wajib bagi para pelaku di industri ini. 

Hal tersebut disampaikan Fajar Wibhiyadi, Direktur Utama Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX) atau Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI) disela-sela kegiatan P4WPB yang diselenggarakan secara daring pada 23-24 Juli 2024.

Fajar Wibhiyadi menambahkan P4WPB merupakan implementasi dari tugas dan peran ICDX sebagai Self Regulatory Organization (SRO) di industri Perdagangan Berjangkan Komoditi, khususnya terkait penyiapan sumber daya manusia. 

"Kami optimis, dengan sumber daya manusia yang memiliki standar kompetensi, industri ini akan ikut terdorong untuk tumbuh," ujarnya.

BACA JUGA:Sosok Berpengalaman Dalam Perdagangan Berjangka Komoditi Ditunjuk Jadi Corporate Secretary ICDX

BACA JUGA:Semester I tahun 2024, Segini Volume Transaksi ICDX

Sementara itu, Udi Margo Utomo, Ketua Asosiasi Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia (Aspebtindo) mengatakan, Indonesia saat ini membutuhkan SDM profesional di bidang Perdagangan Berjangka Komoditi, khususnya Wakil Pialang Berjangka. 

Idealnya, Indonesia memiliki sekitar 27 ribu Wakil Pialang Berjangka. Namun saat ini, WPB yang telah memiliki sertifikasi Bappebti masih sekitar 2000 orang. Sementara disisi lain, industri ini memiliki potensi besar untuk berkembang, dan itu perlu didukung SDM berkompetensi yaitu Wakil Pialang Berjangka. 

"Aspebtindo akan terus berupaya untuk meningkatkan SDM ini tidak hanya dari sisi kuantitas, tapi juga kualitas. Untuk itu, Aspebtindo telah mendirikan lembaga pelatihan dan pendidikan kerja dan lembaga sertifikasi profesi. Dengan hadirnya 2 lembaga ini diharapkan terdapat standardisasi kualitas SDM di ekosistem PBK," ujarnya. 

BACA JUGA:15 Tahun Beroperasi, ICDX Siapkan Beberapa Strategi Keberlanjutan

BACA JUGA:Perkuat Ekosistem Pesisir, ICDX Peringati Ulang Tahun ke-15 Dengan Tanam 15.000 Pohon Mangrove di Bangka

Terkait P4WPB, Tahun 2024 ini ICDX telah menyelenggarakan sebanyak 3 angkatan, yaitu Mei, Juni and Juli dengan peserta setiap angkatannya sebanyak 60 orang. Untuk Angkatan IV dijadwalkan akan diselenggarakan di bulan September 2024.

Terkait pelaksanaan, untuk kegiatan P4WPB kali ini secara teknis dijalankan oleh ICDX Academy, bekerjasama dengan Asosiasi Perdagangan Berjangka Komoditi (Aspebtindo), serta Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komolditi (Bappebti).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: