Perkuat Ekosistem Pesisir, ICDX Peringati Ulang Tahun ke-15 Dengan Tanam 15.000 Pohon Mangrove di Bangka

Perkuat Ekosistem Pesisir, ICDX Peringati Ulang Tahun ke-15 Dengan Tanam 15.000 Pohon Mangrove di Bangka

15USTAIN-ACTION, ICDX TANAM 15.000 POHON MANGROVE. Tampak dalam gambar, (ki-ka) ; Yitzhak Nazareth, Head of Marketing Communications ICDX Group, Muhammad Irham, Kepala Kantor Perwakilan ICDX Group Bangka, saat menanam pohon mangrove knowledge di Munjang--Foto: Julian

BABELPOS.ID, KOBA - Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) atau Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI) peringati ulang tahun ke-15 dengan mengusung keberlanjutan (sustainability) dengan kampanye kolektif multi-industri "15ustain-action".

Dengan slogan “Building a better industry, a better community, and a better world,” kampanye ini dimulai dengan program penanaman dan persemaian 15.000 pohon mangrove secara simbolis oleh Kepala Kantor Perwakilan ICDX Group Bangka, Muhammad Irham, dan Head of Marketing Communications ICDX Group, Yitzhak Nazareth, di Munjang Mangrove Kurau Barat, Bangka pada Minggu, 23 Juni 2024.

Muhammad Irham menjelaskan, program 15ustain-action merupakan bentuk ungkapan syukur atas perjalanan ICDX selama 15 tahun. Program ini adalah kelanjutan dari inisiatif #GoCarbonNeutral, dimana ICDX berkomitmen untuk menanam 1 juta pohon mangrove dengan tujuan berkontribusi terhadap lingkungan dan masyarakat lokal, dengan pengawasan langsung oleh para pengelola kawasan konservasi yang juga merupakan nelayan setempat.

BACA JUGA:ICDX dan Shanghai Metal Market gelar Asean Tin Industry Conference 2024

BACA JUGA:HUT 15, ICDX Beri Edukasi tentang Perdagangan Berjangka Komoditi Kepada Media Daerah

Hingga saat ini, ICDX telah berhasil menanam sebanyak 34.000 pohon mangrove, termasuk 14.000 pohon pada tahun 2023 dan 5.000 pohon pada tahun 2022. "Setiap penanaman dilakukan dengan perencanaan matang berdasarkan peta lokasi dan ekosistem untuk mempercepat harmoni ekologis di kawasan Munjang Mangrove. Spesies mangrove yang dipilih, seperti Sonneratia alba dan Rhizopora sp., dipilih karena sesuai dengan kondisi di Kurau Bangka, dengan harapan dapat tumbuh optimal di lingkungan tersebut," jelasnya.

Program ini tidak hanya memberikan manfaat bagi lingkungan pesisir, tetapi juga bagi masyarakat sekitar, seperti melalui budidaya kepiting bakau di kawasan Munjang Mangrove yang dikelola oleh penanggung jawab Hutan Kemasyarakatan (HKm) Gempa 01 Bangka Belitung.

Ketua HKm Gempa 01, Yasir, sangat bersyukur atas program penanaman berkelanjutan ini, yang telah memberikan manfaat bagi nelayan desa Kurau. Berkat komitmen ICDX, keanekaragaman hayati di kawasan ini semakin meningkat, nelayan mendapatkan hasil tangkapan yang lebih baik, dan pengurangan abrasi di pesisir pantai.

BACA JUGA:Bursa CPO Disosialisasikan ICDX dan Bappebti di Pekanbaru

BACA JUGA:Potensinya Besar, ICDX Bidik Pasar Fisik CPO Sumatera Utara

Irham juga menambahkan, ICDX, senang dapat berkolaborasi dengan masyarakat, terutama, secara tidak langsung, ICDX turut bertanggung jawab atas transisi operasional industri yang kami dukung. "Kami berharap penanaman ini akan menginspirasi para pemangku kepentingan lainnya untuk melakukan hal serupa dan memperluas cakupan penanaman mangrove di Bangka," ujarnya.

Terkait dengan keberlanjutan, ICDX terus mengembangkan inisiatif yang memberikan dampak positif jangka panjang bagi lingkungan dan masyarakat lokal maupun nasional. Kampanye 15ustain-action merupakan bukti nyata komitmen ICDX untuk berinovasi, meningkatkan layanan, edukasi, serta mendukung keberlanjutan, baik untuk industri Perdagangan Berjangka Komoditi, masyarakat, dan lingkungan.(*)

BACA JUGA:ICDX Berikan Literasi ISO 27001 Kepada Anggota Bursa, Ini Tujuannya

BACA JUGA:ICDX Edukasi Masyarakat Tentang Transaksi Multilateral Lewat Seminar Bersama Phillip Futures

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: