Zonasi Dianggap Jauh, 36 Anak Desa Tepus Terancam Tak Sekolah, Orang Tua Turun Demo

Zonasi Dianggap Jauh, 36 Anak Desa Tepus Terancam Tak Sekolah, Orang Tua Turun Demo

Aksi para wali murid menuntut hak pendidikan anak mereka. --Foto: Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Puluhan wali siswa berikut para siswa beramai'ramai mendatangi kantor Bupati Bangka Selatan (Basel), pasalnya para anak-anak mereka terancam tak bisa bersekolah melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Atas (SMA).

Para wali siswa ini memprotes karena menganggap zonasi tempat mereka bersekolah sangat jauh di SMA 3 N Toboali di desa Jeriji. Sedangkan para siswa ini tinggal di desa Tepus Kecamatan Air Gegas.

Sekretaris Daerah (Sekda) Basel Harris Setiawan mengatakan, para orang tua siswa ini memprotes karena anak mereka harus bersekolah di SMA 3 N Toboali, sedangkan tempat tinggal mereka terlalu jauh dari zonasi tersebut.

"Mereka menganggap zonasi tersebut sudah terlalu jauh," sebutnya.

BACA JUGA:Kepala Dindikbud Pastikan Tidak Ada Kecurangan PPDB di Basel

BACA JUGA:Segini Total Peserta Didik yang diterima Dindikbud Basel di PPDB 2024

Disebutkannya, jika harus dialihkan ke SMA N 3 Toboali di Desa Jeriji jarak ditempuh lebih jauh, belum lagi faktor infrastruktur jalan penghubung antar desa serta faktor keamanan para siswa ketika pulang sekolah saat sore hari.

Agar jarak tempuh lebih dekat warga harus menggunakan jalur alternatif, selain itu saat ini jam pembelajaran di SMA N 3 Toboali juga belum efektif dan hanya berlangsung selama 3,5 jam dimulai pada siang hari. 

Sebab, kegiatan belajar mengajar di sekolah itu masih menumpang di SMP N 4 Toboali sehingga kegiatan belajar mengajar harus bergantian dan fasilitas sarana maupun prasarana serta mubiler juga belum mencukupi.

"Akses menuju sekolah, zonasi dan sarana prasarana sekolah tersebut menjadi kendala bagi merek, sebab kalau di Air Gegas lebih dekat serta fasilitas sekolah lebih memadai," sebutnya.

BACA JUGA:Segini Kuota PPDB di Kabupaten Basel, Elfan; PAUD, TK, SD dan SMP Tercukupi

BACA JUGA:Minggu Ketiga Juni Pembukaan PPDB, Berikut Jalurnya

Namun, pihaknya tetap mengapresiasi apa yang dilakukan oleh para orang tua siswa ini demi anaknya dapat bersekolah, dan Pemkab Basel siap memfasilitasi tuntutan ini agar para anak-anak ini bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA.

"Tuntutan ini akan kami sampaikan ke pimpinan serta ke Dinas Pendidikan di Provinsi, karena ini wewenang meraka, tetapi kami tetap akan bantu sebisa mungkin demi hak mereka untuk pendidikan," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: